Disparbud Klaim Serius Garap Sektor Wisata - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Disparbud Klaim Serius Garap Sektor Wisata

Disparbud Klaim Serius Garap Sektor Wisata

Written By Admin Raka on Jumat, 12 Januari 2018 | 16.30.00

Desa yang memiliki potensi wisata cukup baik nampaknya bisa bersenang hati. Pasalnya pemerintah daerah (Pemda) Karawang mempersilahkan pengelolaan wisata tersebut kepada pemerintahan desa.
"Seluruh tempat wisata yang ada di Karawang pengelolaannya diserahkan ke desa," kata Kabid Pariwisata Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Karawang, H Nunu Nugraha, kepada Radar Karwang, Kamis (11/1).
Meski demikian, bukan berarti tidak ada kewajiban pendapatan asli daerah (PAD) yang harus masuk dari sektor wisata. Karena meski pengelolaannya dilakukan oleh desa, atau diserahkan ke pihak ketiga oleh pemerintahan desa, tetap ada retribusi wisata yang harus masuk ke kas daerah. "Jadi memang ini upaya pemda untuk menumbuhkan ekonomi kerakyatan warga yang ada di sekitar tempat wisata," ujarnya.
Sementara untuk membenahi tempat-tempat wisata yang ada di Karawang, saat ini berbagai program Disparbud sudah disusun. Bahkan untuk menjalankan program tersebut hanya tinggal menunggu pengesahan DPA saja. "DPA nya belum disahkan. Jadi belum bisa menyampaikan secara detail mana saja yang akan digarap di tahun 2018 ini," katanya.
Meski demikian dia menyampaikan, ada salah satu tempat wisata di Karawang yang akan fokus digarap di tahun 2018, yaitu pantai Sedari. Setelah selesai membangun pantai Sedari, akan bergeser ke pantai-pantai lain dan kemudian diikuti ke wilayah selatan. "Kami juga menargetkan Karawang punya Kampung Wisata. Ini merupakan program Kementerian Pariwisata," ujarnya.
Bahkan berbagai program yang bisa mencengangkan para wisatawan juga akan diluncurkan oleh pemda Karawang. Sehingga saat ini sudah mulai digarap DED dan FS tempat-tempat wisata. "Kalau untuk pantai Sedari kropokan. Semua dinas ikut terlibat, seperti PUPR, PRKP, Kelautan, Parbud dan yang lainnya," pungkasnya.(zie)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template