Disnakertrans Kurangi Pengangguran - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Disnakertrans Kurangi Pengangguran

Disnakertrans Kurangi Pengangguran

Written By Angga Praditya on Rabu, 03 Januari 2018 | 13.00.00

Programkan Padat Karya Infrastruktur 

PURWAKARTA,RAKA - Program padat karya melibatkan masyarakat dalam jumlah besar sangat efektif untuk mengurangi angka pengangguran di Kabupaten Purwakarta. Salah satunya  pembangunan infrastruktur dengan konsep padat karya, dapat memacu perkembangan daerah secara cepat dan tepat sasaran.
"Program padat karya infrastruktur yang dimiliki Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Purwakarta, membuka peluang kerja bagi tenaga kerja pengangguran. Pasalnya, program tersebut membutuhkan cukup banyak tenaga dalam pelaksanaanya," kata Kepala Bidang Penempatan Tenaga Kerja dan Transmigrasi Disnakertrans Purwakarta, Tuti Gantini S.Pd, melalui Bendahara Pengeluaran Pembantu Disnakertrans Purwakarta, Nirmala Puspitasari, Selasa (2/1).
Nirmala mengatakan, program padat karya ini, memiliki banyak manfaat. "Selain pembangunan infrastruktur, kegiatan ini juga membuka peluang kerja bagi masyarakat. Kegiatan padat karya ini bersinergi dengan infrastruktur. Jadi selain bisa menikmati jalan ketika selesai dibangun, perekonomian masyarakat pun otomatis akan meningkat," ujarnya.
Program padat karya infrastruktur yang digelar kali ini, kata Nirmala, berupa pembuatan dan pengecoran jalan. "Berlokasi di RT 09, RW 04, Kampung Batu Datar, Kelurahan Cirende, Kecamatan Campaka, sebanyak 88 warga setempat terlibat dalam pembuatan jalan sepanjang 200 meter cor rabat beton. Pembuatan tersebut ada lebih 20 meter dari yang harus dikerjakan, yakni 180 meter. Ada pun lebarnya 1,5 meter dengan ketebalan 12 sentimeter," kata dia.
Lama pengerjaan, sambungnya, 4 jam per hari selama 10 hari. Tiap warga yang ikut dalam padat karya diberi upah sebesar Rp 62 ribu per orang. Lebih jauh Nirmala menyebutkan, sasaran padat karya tersebut adalah berupa jalan yang berfungsi untuk memudahkan akses warga. "Tadinya jalan ini berupa jalan tanah, bila mana hujan turun kondisinya becek dan licin. Sehingga setelah program padat karya ini rampung, diharapkan jalan ini menjadi bagus dan layak serta memudahkan akses warga," ujarnya.
Tak hanya disatu titik, padat karya infrastruktur ini, kata dia, juga dilaksanakan di Desa Ciparung, Mekarjaya, Cibeber, Cibukamanah, Cirangkong, dan Cirende. "Program ini diharapkan dapat memaksimalkan potensi warga dan mengutamakan gotong royong," ujarnya.
Sementara itu, Ketua Kelompok Padat Karya, Wasdi, mengapresiasi respons disnakertrans yang memproses proposal permohonan warga. "Bantuan yang kami terima berupa material, peralatan dan lainnya. Kami juga didampingi pengawas teknis yang ditugaskan," ujarnya. (gan)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template