Disdukcapil Pangkas Birokrasi Mengurus KTP - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Disdukcapil Pangkas Birokrasi Mengurus KTP

Disdukcapil Pangkas Birokrasi Mengurus KTP

Written By Admin Raka on Selasa, 23 Januari 2018 | 16.30.00

KARAWANG, RAKA - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Karawang mengingatkan pemerintahan ditingkat desa dan keluarahan agar tidak khawatir terhadap program percepatan perekaman dengan cara memangkas birokrasi pengurusan.
Kasi Kependudukan Disdukcapil Abdul Majid menyampaikan itu kepada kepada Radar Karawang, Senin (22/1). "Saat ini perekaman KTP-el birokrasinya sudah dipangkas, namun kepala desa dan para bawahannya tidak usah khawatir karena saat pemohon perekam KTP-el itu harus memiliki dasar," paparnya di ruang kerja.
Dasar pengurusan tersebut, lanjut Majid, adalah Kartu Keluarga (KK) dan KK harus yang telah diperbarui dengan nomor induk kependudukan (NIK) yang sudah 3215 dan jika masih dalam NIK di angka 1017 maka KK tersebut harus dilakukan perbaikan untuk permohonan perekaman KTP-el. "Pada intinya semua warga negara republik Indonesia wajib hukumnya memiliki dokumen kependudukan," papar Majid.
Majid tidak menampik jika ada kekhawatiran pemerintahan desa dan kelurahan yang tidak melakukan pelaporan terhadap warganya yang sudah melakukan perekaman, maka hal itu tidak perlu diresahkan. Karena dengan membawa KK yang dibuat berdasarkan formulir Permohonan Kartu Keluarga (F.1.06) ke capil pada awalnya itu harus terlebih dahulu dilaporkan kepada pemerintah desa dan keluarahan," paparnya.
Sebelumnya, terang Majid warga yang akan melakukan perekaman harus terlebih dahulu dilakukan pendatanganan ke RT, Kades dan Camat. Namun sekarang cukup membawa formulir dan foto copy KK maka berkas pemohon sudah bisa diproses. "Pemangkasan birokrasi pengurusan ini bertujuan untuk mempercepat perekaman menjelang Pemilihan Umum (pemilu) mendatang," paparnya.
Masih dikatakan Majid, selain membantu masyarakat agar cepat mendapatkan Kartu Kependudukannya pemangkasan birokrasi itu juga agar masyarakat khususnya di Karawang bisa menggunakan baik KTP el maupun Surat Keterangan (Suket) pengganti KTP. (apk)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template