Diguyur Hujan, Jalan Sudirman Terendam - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Diguyur Hujan, Jalan Sudirman Terendam

Diguyur Hujan, Jalan Sudirman Terendam

Written By Admin Raka on Rabu, 03 Januari 2018 | 15.00.00

KOTABARU, RAKA – Akibat hujan lebat disertai petir dan angin besar mengguyur wilayah Kecamatan Kotabaru. Kondisi arus lalulintas di jalan Sudirman Bakanmaja terganggu. Bahkan beberapa kendaraan nyaris terseret akibat luapan air yang melimpas ke jalan yang berasal dari got.
Berdasarkan pantauan Radar Karawang, hujan besar turun sekitar pukul 16.00 wib Selasa (2/1). Saluran drainase di sepanjang jalan tersebut terlihat tidak mampu menampung tingginya debit air, sehingga air tertumpah kebadan jalan.
Selain itu, perlintasan yang cekung tidak hanya membuat arus air hujan tergenang menutupi jalan. Namun, air yang keluar dari saluran tersebut merembas kesejumlah ruko–ruko yang ada di sepanjang jalan itu. "Ini yang paling besar banjirnya. Karena air dari drainase limpas ke jalan. Bahkan ketinggiannya mencapai 50 cm," terang teguh (54), karyawan Bengkel Knalpot Bandung yang berlokasi di jalan raya Sudirman Bakanmaja, Kecamatan Kotabaru, kepada Radar Karawang, Selasa (2/1).
Menurutnya, tingginya air hujan yang tertumpah kebadan jalan tersebut, disinyalir akibat normalisasi drainase yang kurang efektif. Selain itu, kondisi jalan yang cekung semakin memperparah banjir. "Wajar kalau banjir sampai tinggi gitu, orang salurannya kayaknya mampet ini. Selain itu juga salurannya kecil, jadi air meleber ke jalan," ucapnya.
Hal senada disampaikan, Ahmad Sahid (30) karyawan toko Fotocopy Sabilluna Bakanmaja, menurutnya, tidak disangka hujan yang turun saat ini begitu deras. Hal ini tidak biasanya banjir hingga mencapai lutut orang dewasa. "Tidak biasanya sampai gede ini banjirnya, biasanya paling juga aliran air kejalan setelapak kaki, ini mah nyaris se dengkul orang dewasa," ucapnya.
Sahid yang merupakan warga Pangulah itu juga menyampaikan, kalau kondisi drainase yang sudah tidak berjalan normal itu tetap dibiarkan, maka bisa saja jalan utama Kotabaru itu terputus saat turun hujan yang lebih besar. "Semoga saja, jalannya tidak cekung bisa disejajarkan. Selain itu drainasenya sedikit dilebarin juga biar bisa menampung air," katanya.
Dia menambahkan, meski hujan baru berselang beberapa menit. Hal itu nyaris membuat puluhan pengendara roda dua terseret arus banjir yang terjadi diperlintasan jalan raya tersebut. "Hampir saja, banyak kendaraan yang terseret arus, ada juga yang mogok karena airnya tinggi sampai ke badan motor gitu," paparnya.
Dilokasi yang sama, pengendara motor yang mogok saat melintasi jalan tersebut, Ahmad (21) warga perumahan PMI Kotabaru, mengatakan, tidak biasanya banjir diperlintasan Jalan Raya Sudirman Bakanmaja dari Arah Cikampek menuju Karawang banjir dengan ketinggian air sebesar ini. Biasanya, rembasan air hanya menggenangi badan saja tanpa disertai air yang begitu besar. "Motor saya mogok, tadi pas memaksakan melintasi eh ternyata banjirnya tinggi, kirain tidak gede, tidak biasanya soalnya ini gede banget, saya mau pulang abis dari Jomin," tandasnya.(ian)
Berbagi Artikel :
 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template