Desa Cianting Kedepankan Program Kesehatan - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Desa Cianting Kedepankan Program Kesehatan

Desa Cianting Kedepankan Program Kesehatan

Written By Admin Raka on Jumat, 05 Januari 2018 | 13.00.00

SUKATANI, RAKA- Desa Cianting, Kecamatan Sukatani, canangkan program unggulan dengan mengedepankan Program Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) untuk program kesehatan kepada masyarakat.
Endang Muchtar, Sekretaris Desa Cianting mengatakan, program desa terbentuk untuk membina kesehatan keluarga, khususnya ibu-ibu dan anak-anak. "Seperti kesehatan bayi, melahirkan dan proram kesehatan yang sekarang sedang untuk waktunya tidak terbatas seperti kebun sehat, penyuluhan kesehatan, PKK selalu hadir, selalu ada sebagai pendamping setia," ungkapnya, kepada Radar Karawang, Kamis (4/1).
Ia juga mengatakan, selain dari program kesehatan ada juga program infrastruktur yang dibiayai oleh program dana desa yang datangnya melalui dana desa. "Tiap tahun masih juga berjalan, seperti jalan dan air bersih. Itu juga ada proyeksi acuan dan arahan yang harus diprioritaskan dari pemkab, selebihnya boleh dipakai untuk usulan masyarakat atau kejadiam luar biasa seperti longsor yang harus segera ditangani," ucapnya.
Untuk alokasi dana desa tahap dua, kata dia, dialokasikan untuk pengadaan air bersih di daerah Pasir Laja dan Cilawang. "Pertama kita survei lokasi, menentukan titik pengeboran dan pemasangan paralon dan membuat penampungan air dan membagikannya sesuai dengan kebutuhan masyarakat," jelasnya.
Kalau program ekonomi, tambah ia, programnya seperti Simpan Pinjam Perempuan (SPP) dari Unit Pengelola Kegiatan Kecamatan. Khusus untuk mengelola home industri. pengajuannya lewat proposal dan berkelompok paling sedikit 10 orang dan ada simpanan wajib dan simpanan pokok. "Di Desa Cianting terhitung sudah ada 30 kelompok usaha, meliputi warung kelontongan, warung nasi, kredit pakaian, dan usaha kecil lain yang membutuhkan modal maksimal 10 juta peminjaman. kalau ada kelompok yang sudah melebihi pinjaman maksimal 10 juta biasanya kelompok usaha tersebut direkomendasikan untuk meminjam modal ke bank dengan memperhatikan progres dari usahanya dan waktu bayar tagihan," paparnya.
Lebih lanjut ia mengatakan, untuk proyeksi kedepan, ada ajuan dari bupati untuk membentuk Badan Usaha Milik Desa (BUMDES), sarana Olahraga, pembuatan embung air.
"RAB-nya masih belum diajukan dan belum fiks dananya berapa, masih dalam tahap perencanaan cuma kalau untuk BUMDES sudah pasti bakal direalisasikan," tuturnya. (cr2)
Berbagi Artikel :
 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template