Dana Desa Terus Dipantau - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Dana Desa Terus Dipantau

Dana Desa Terus Dipantau

Written By Admin Raka on Kamis, 25 Januari 2018 | 16.00.00

KLARI, RAKA - Untuk memberikan pemahaman penggunaan anggaran dana desa (DD) yang baik dan benar aparat Kecamatan Klari turun ke setiap desa. Seperti yang terlihat pada rapat minggon yang dilaksanakan di aula kantor Desa Curug Rabu (24/01) kemarin, seluruh staf desa diberikan materi tentang penggunaan anggaran desa oleh Kepala Seksi Ekonomi dan Pembangunan (Ekbang) Kecamatan Klari Rahmat Dading Koswara.
Menurut Rahmat Dading, pada dasarnya setiap penggunaan anggaran desa baik dana desa mauapaun alokasi dana desa (ADD) serta bantuan gubernur (bangub) dalam pelaksanaanya harus berdasarkan hasil musyawarah anatara kepala desa dan seluruh setaf desa dan bahkan masyarakat. Jangan sampai kata dia, ketika turunnya kucuran dana desa baik dari pusat maupun daerah hanya digunakan untuk kepentingan pribadi. Karena jangankan kepentingan pribadi, untuk kepentingan umum saja jika tanpa didasari dengan hasil musyawarah itu bisa salah. "Pentingnya musyawarah disitu, ketika ada permasalah terkait penggunaan anggaran, maka akan lebih bisa dipertanggungjawabkan,  asalkan pelaksanaan dan pengunaanya benar," tuturnya.
Menurutnya tidak ada yang sulit dalam pelaksanaan pengunaan anggaran kuncinya hanya mengerti akan tugas dan funsginya serta mau bekerjasama dan kompak selalu menjalankan atas hasil musyawarah. Karena desa merupakan suatu kesatuan hukum yang di dalamnya tinggal sekelompok masyarakat yang berkuasa mengadakan pemerintahannya sendiri berdasarkan musyawarah. "Desa bukan hanya kepala desa saja, tetapi semua yang ada di dalamnya masyarakat, jadi semuanya tidak lepas dari musyawarah," terangnya.
Tidak hanya saat penggunaan anggaran, semua staf desa dan masyarakat juga mesti merencanakan terlebih dahulu apa yang menjadi kebutuhan saat ini. Jangan sampai kata dia, saat kucuran dana desa baik pemerintahan desa sendiri tidak tahu untuk apa penggunaanya. Maka dia selalu berpesan untuk pelaksanaan anggaran selalu direncanakan terlebih dahulu penggunaanya agar semua bisa berjalan dengan baik dan lancar. "Kadang yang sudah direncakaan saja masih ada kesalahan, apalagi sampai tidak direncanakan terlebih dahulu, kebanyangkan," ungkapnya.
Bahkan ketika sudah direncanakan dan hasil musyawarah setiap pelaksanaan penggunaan anggaran yang ditemukan ada temuan, makan akan bisa dipertanggungjawabkan secara bersama. Jadi semua tidak hanya dibebankan ke kepala desa saja. "Pentingnya ada BPD, LPM dan seluruh staf desa baik kepala dusun itu untuk kerjasama membangun desanya," ucapnya.
Kepala Desa Curug, Rahita mengaku bahwa untuk menjalankan semua program desa baik penggunaan anggaran desa masih butuh bimbingan dari pihak kecamatan. Karena diketahui sendiri kata dia, masih banyak kekurangan yang dialami desa. "Adanya monitoring terkait penggunaan dana desa dari pihak kecamatan memang bagus setidaknya seluruh staf jadi paham akan pengunaanya," akunya.(yna)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template