Cerita Sukses Pengusaha Konveksi Wancimekar - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Cerita Sukses Pengusaha Konveksi Wancimekar

Cerita Sukses Pengusaha Konveksi Wancimekar

Written By Admin Raka on Senin, 01 Januari 2018 | 10.00.00

KOTABARU,RAKA - Bagi anda yang kebingungan akan mulai dari mana untuk menjadi seorang pengusaha, nampaknya para pelaku usaha yang ada di Desa Wancimekar bisa menjadi contoh yang baik. Pasalnya, pengembangan usaha konveksi yang dilakukan oleh warga terutama pemuda di desa tersebut sudah tergolong sukses.
Lihat saja Owner PD Putri Tunggal Agus Supriadi, meski baru satu bulan merintis usahanya  dibidang bahan baku konveksi. Kini melalui usaha bisnisnya itu, bisa menekan angka pengangguran dilingkungannya. "Usaha yang saya pegang saat ini, merupakan usaha keluarga dulunya yang dimiliki orang tua. Kami lebih menyiapkan pasokan bahan baku pengrajin, mulai dari pembuatan topi, jok kursi, busa dekron untuk cocok panda, kaos, jaket, dombet dan lainnya," beber Agus, kepada Radar Karawang, Jumat (29/12).
Agus yang merupakan Ketua Umum Paguyuban Masyarakat Cariu Bandung (PGMCB) Desa Wancimekar itu melanjutkan, usaha yang saat ini dirintisnya sudah membuahkan hasil yang cukup baik. Hal tersebut bisa dilihat dari keuntungan yang didapatkan dalam sebulan bisa mencapai Rp20 juta. "Pengiriman barang bahan baku ini, selain ketempat para pemilik konveksi yang ada di wilayah ini. Bisnis penyediaann bahan baku ini juga sudah menyentuh keberbagai provinsi yang ada di Indonesia," ujarnya.
Bahkan, menurutnya, dengan banyaknya konveksi yang bertebaran di desanya tersebut. Diharapkan, bisa menjadi potensi generasi muda di wilayah ini menjadi seorang pengusaha. "Kebetulan juga, kemarin sudah disahkan desa kami menjadi kampung wirausaha, dan ini bukti nyatanya. Agar pemuda disini, mau terjun dibidang usaha, biar tidak tergantung terhadap perusahann industri yang ada," paparnya.
Agus menegaskan, dimasa mendatang dirinya berkeyakinan akan banyak generasi muda diwilayahnya terjun di bidang bisnis. Hal tersebut dikarenakan, adanya pembinaan secara kontinu yang dilakukan oleh Hipmi kepada para calon pengusaha. "Jadi nanti generasi muda di wilayah ini, akan kita coba giring menggeluti bidang usaha. Karena memang dari dulu pun, warga sini berprofesi sebagai konveksi," ucapnya.
Aip Saefudin (26), buruh konveksi topi di Kampung Krajan  RT 02/02, Desa Wancimekar menyampaikam, saat ini generasi  muda diwilayah ini tidak sedikit beralih menjadi pekerja di industri. Padahal, potensi diwilayahnya cukup tinggi. "Dulu banyak pemuda sini yang menggeluti bidang konveksi, cuman sekarang banyak yang kerja di pabrik," ucapnya.
Meski demkian, kondisi seperti zaman dulu sudah hampir kembali, karena saat ini generasi muda diwilayahnya sudah mulai kembali digiring untuk dicetak  menjadi para pengusaha. "Sekarang sudah mulai ada pembinaan. Mudah-mudahan saja, ini bisa dipertahankan, dan kedepannya bisa menjadi pengusaha semua di wilayah ini," tandasnya.(ian)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template