Cara Kades Dawuan Timur Lestarikan Musik Tradisional - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Cara Kades Dawuan Timur Lestarikan Musik Tradisional

Cara Kades Dawuan Timur Lestarikan Musik Tradisional

Written By Angga Praditya on Sabtu, 20 Januari 2018 | 12.15.00

Beli Gamelan Rp 46 Juta Pakai Dana Desa

CIKAMPEK, RAKA - Upaya Pemerintah Desa Dawuan Timur, Kecamatan Cikampek melestarikan kesenian tradisional patut diacungi jempol. Sebagian dana desa tahap II tahun 2017 digunakan untuk membeli satu set gamelan seharga Rp 46 juta.
Hal itupun mendapat respon positif dari warganya. Terutama pada penggiat seni dan anak-anak sekolah. Jakaria (32) misalnya, pembelian alat musik gamelan bisa memacu kreativitas warga Dawuan Timur. Dia memperkirakan, satu hingga dua bulan kedepan, pelatihan gamelan bisa diikuti masyarakat. "Pengadaan alat musik ini, nantinya akan dipergunakan para pelajar SD, SMP dan warga yang memiliki jiwa seni. Agar keberadaan kesenian Sunda tidak punah termakan zaman," terangnya kepada Radar Karawang, Jumat (19/1).
Ia melanjutkan, pengadaan alat musik gamelan didapat dari kucuran dana desa tahap II tahun 2017. "Sudah lama kami mengajukan pengadaan alat gamelan," tuturnya.
Dia berharap, dengan adanya alat musik kesenian gamelan yang tahun ini sudah teralisasi, mampu menjadikan antusias warga dari berbagai kalangan dapat aktif untuk mengikuti pelatihannya. "Target satu hingga dua bulan pelatihan gamelan ini bisa berjalan efektif," harapnya.
Kepala Desa Dawuan Timur Tatang Somantri menambahkan, pengadaan alat musik gamelan ini untuk menumbuhkan rasa cinta terhadap kesenian Sunda. "Pengadaan gamelan ini dari pos anggaran dana desa tahap II tahun 2017 dengan anggaran Rp 46 juta," katanya.
Keberadaan alat musik ini, kata Tatang, bisa menggiring rasa kecintaan generasi muda terhadap budaya tatar Sunda. "Tujuannya sih untuk meningkatkan budaya tatar Sunda di kalangan generasi muda. Jangan sampai mau kalah ketinggalan dengan budaya luar negeri," pungkasnya. (ian)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template