Calon DKR PMR Cilamaya Dilantik - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Calon DKR PMR Cilamaya Dilantik

Calon DKR PMR Cilamaya Dilantik

Written By Angga Praditya on Senin, 01 Januari 2018 | 15.00.00

CILAMAYA WETAN,  RAKA - Sebanyak 55 siswa dari 7 Sekolah setingkat SMA/SMK di Kecamatan Cilamaya Wetan dan Cilamaya Kulon resmi dilantik sebagai anggota Dewan Komando Ranting (DKR) Cilamaya Jumat (29/12). Sebelum dilantik, para siswa digembleng beragam kegiatan siaga, tanggap darurat dan kebencanaan di halaman Kantor Camat Cilamaya Kulon.
Pembimbing DK PMR Kecamatan Cilamaya Kulon, Raswan SE mengatakan sebanyak 55 siswa dari 7 SMK berpartisipasi dalam kegiatan Pelantikan Calon Anggota Baru Dewan Kerja PMR Ranting Cilamaya ini. Jumlah itu terdiri dari peserta 39 orang dan panitia 16 orang. Sementara dari PMI Ranting Cilamaya yang terdiri dari Korps Sukarela (KSR) dan Tenaga Sukarela (TSR) sebanyak 7 orang, KSR 9 orang dan TSR 4 orang.
Dari jumlah semua yang dihadirkan, sebut Riswan untuk mencetak dan mendidik relawan muda tanggap dan sigap dalam melaksanakan tugas-tugas kemanusiaan, sekaligus juga menumbuhkan jiwa relawan tanpa pamrih, yang handal, dan cerdas. "Ada puluhan siswa berpartisipasi dalam pelantikan anggota DKR PMR ini, itu semua dari Cilamaya Kulon dan Cilamaya Wetan," katanya.
Sebelum ada pelantikan, kegiatan dirangkai dengan beragam agenda ke PMR an, seperti bongkar pasang tenda, dapur umum dan prakteknya, pemaparan sejarah DK PMR Cilamaya, cara pertolongan pertama dan ajakan Ayo Siaga Bencana (ASB) hingga manajemen PMR. Tidak itu saja, siswa yang ambil andil bagian ini juga praktek Tanggap Darurat Bencana (TDB) dan bakti sosial ke masyarakat sekitar. Alhasil, kegiatan ini mampu menggerakan relawan baru untuk selalu siaga bencana dan tanggap terhadap setiap situasi yang ada disekitarnga. "Banyak kegiatan padat yang diikuti peserta, dari teori, sejarah hingga prakteknya," katanya.
Sementara itu, mewakili Camat Cilamaya Kulon, H Nurdin mengatakan PMR merupakan tonggak regenerasi relawan terlatih yang dimiliki bangsa Indonesia, karenanya,  pelatihan dan praktek kegiatan yang disuguhkan wajib di ikuti dengan baik pemahamannya,  karena di usia pelajar dan produktif dibutuhkan mental-mental pejuang dan penolong yang sigap dan peka terhadap lingkungan sosial di masyarakatnya. Kegiatan PMR ini sebut Nurdin, merupakan sebahagian dari kontribusi pelajar pada negara,  karena setelah terjun langsung bermasyarakat, ilmu yang didapat dan pengetahuannya ini sangat bermanfaat dan akan dirasakan sendiri kepuasan dari manfaat itu sendiri. "PMR adalah wahana pembelajaran untuk membentuk mental yang bertanggungjawab, disiplin dan peka pada lingkungan sosial di masyarakatnya," ucap Nurdin. (rud)

Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template