Calon Bupati Terlilit Utang - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Calon Bupati Terlilit Utang

Calon Bupati Terlilit Utang

Written By Admin Raka on Kamis, 18 Januari 2018 | 11.00.00

KPU Berpedoman Putusan Pengadilan

PURWAKARTA,RAKA - KPU Purwakarta telah gelar uji publik terhadap persyaratan pencalonan dan syarat bakal calon pada Pilkada Purwakarta 2018. Tanggapan masyarakat telah disampaikan mulai 11-16 Januari 2018, di Kantor KPU Purwakarta di Jalan Flamboyan. Hasilnya, ada yang melaporkan salah satu bakal pasangan calon (bapaslon) terlilit utang piutang.
Divisi Hukum Ketua KPU Purwakarta, Ade Nurdin, mengatakan, selama uji publik masyarakat berperan aktif, hal ini bisa dilihat dari adanya tanggapan dari masyarakat mengenai para bapaslon yakni Anne Ratna Mustika-Aming, Padil Karsoma-Acep Maman dan Zainal Arifin-Lutfhi Bamala.. "Selain permasalahan administrasi syarat calon, ada tanggapan dari masyarakat soal salah satu bakal calon yang tersangkut utang piutang kepada dengan pihak tertentu," ujar Ade, Rabu (17/1).
Tanpa merinci berapa banyak utang dan siapa bakal calon yang bersangkutan, pihaknya berpedoman pada putusan pengadilan yang menyatakan para balokada tidak tersangkut utang pada negara. "Soal adanya utang-piutang yang membelit balonkada, pegangan kita nantinya pada keputusan yang dikeluarkan oleh pengadilan setempat," tuturnya.
Sebelumnya, ketiga bapaslon dinyatakan memenuhi syarat dalam pemeriksaan kesehatan (Rikkes) yang dilaksanakan pada 11-13 Januari lalu oleh Tim Medis Rumah Sakit Hasan Sadikin, Biopsi Jawa Barat dan BNN Jawa Barat. "Bersamaan dengan penyerahan hasil penelitian administrasi bapaslon, sudah kita umumkan hasil rikkes bapaslon," ujar Ade,
Hasil pemeriksaan kesehatan para bapaslon tersebut mencakup pemeriksaan bebas narkoba, psikolog dan kesehatan jasmani. "Semuanya dinyatakan memenuhi syarat," katanya.
Jika nantinya ada persyaratan yang belum lengkap, KPU Purwakarta mempersilahkan para bapaslon untuk memperbaikinya. "Nantinya dalam hal ada yang belum memenuhi syarat karena kurang lengkap maka diperbaiki. Termasuk juga memberitahukan status hasil tes kesehatan, semua bapaslon dinyatakan memenuhi syarat kesehatan," ujar Ketua KPU Purwakarta, Ramlan Maulana. (gan)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template