BPKP Rencana Garap Tiga Desa di Tempuran - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » BPKP Rencana Garap Tiga Desa di Tempuran

BPKP Rencana Garap Tiga Desa di Tempuran

Written By Admin Raka on Rabu, 03 Januari 2018 | 16.30.00

TEMPURAN, RAKA - Badan Pemeriksa Keuangan Provinsi (BPKP) dan Inspektorat berencana melakukan pemeriksaan realisasi dana desa tahun 2017 di tiga desa di Kecamatan Tempuran, yaitu Desa Cikuntul, Pagadungan dan Sumberjaya. Selain sebagai upaya pembinaan, sampel tiga desa itu diacak dan ditentukan pihak Inspektorat untuk pemetaan realisasi dana yang bersumber dari APBN tersebut.
Kades Cikuntul Dede Gunawan mengatakan pihaknya baru menerima kabar akhir tahun kemarin bahwa desanya menjadi satu dari tiga desa yang akan diperiksa Inspektorat kaitan Dana Desa. Baginya kapanpun pemeriksaan digelar, siap-siap saja, karena administrasi, dokumen, fisik dan seabreg realisasinya sudah rapi tersusun sebelum akhir tahun berganti. Pembinaan administrasi ke semua pegawai desa terkait laporan dan pertanggungjawaban selalu dipastikannya tertib dan rapi dan tepat waktu.
Meskipun belum ada surat resminya untuk pemeriksaan pembinaan khusus dana desa ini, Desa Cikuntul sebut Dede, sudah siap, betapapun ada atau tidak ada pemeriksaan, kerapihan administrasi selalu terjaga dengan baik. Bahkan sambungnya, tata kelola administrasi dan keuangan yang dilakukan Pemerintah Desa Cikuntul selalu tepat waktu, sempat mendapat penghargaan dan apresiasi terbaik di Karawang. "Kita sudah terima kabar bahwa Desa kamj akan jadi sampel pemeriksaan dana desa februari nanti, ya kami siap-siap saja," katanya.
Senada dikatakan Kades Pagadungan H. Olim, dirinya mengakui jadi sampel pemeriksaan Inspektorat dan BPKP untuk Dana Desa, hanya saja belum diketahui jadwal pastinya. Ia sudah siapkan segala sesuatunya untuk pemeriksaan yang sifatnya pembinaan tersebut." Iya betul, desa kami juga jadi sasaran pemeriksaan, insya Allah, kita siapkan segala sesuatunya," Ungkap Olim usai kegiatan Minggon Kecamatan.
Kades Sumberjaya, Kasman Ebod kepada Radar Karawang juga mengaku siap diperiksa BPKP dan Inspektorat untuk Dana Desa tahun 2017 kemarin, banyak persiapan. Masih ada waktu sebulan ini untuk melengkapi hal-hal yang belum sempurna. "Katanya bulan depan, masih ada waktu sebulan ini untuk melengkapi segala sesuatunya sebelum pemeriksaan," katanya.
Camat Tempuran, Suwandi S.Ip mengatakan, untuk surat resminya masih belun diterima pihak Kecamatan maupun ketiga Desa yang kabarnya akan diperiksa yang sifatnya pembinaan tersebut. Hanya saja, pihaknya baru mendapati kabar itu dari Inspektorat, bahwa sekitar Februari pemeriksaan dari BPKP akan turun. Disinggung soal sampel Desa yang disasar lebih dominan pada desa-desa dengan status administrasi yang rapi, Camat mengaku hal itu jadi kewenangan Inspektorat dan BPKP, desa mana saja yanf akan digarap. Pihaknya hanya menyampaikan saja ke Desa sasaran untuk siap-siap saja. "Kita hanya sampaikan saja ke desa untuk siapkan segala sesuatunya, soal sampel mana saja itu domain pihak inspektorat dan BPKP mungkin," katanya. (rud)
Berbagi Artikel :
 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template