BMI Mulai Banjir, Warga Was-was Banjir Makin Besar - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » BMI Mulai Banjir, Warga Was-was Banjir Makin Besar

BMI Mulai Banjir, Warga Was-was Banjir Makin Besar

Written By Admin Raka on Kamis, 04 Januari 2018 | 15.30.00

CIKAMPEK, RAKA - Memasuki musim penghujan membuat warga Perumahan Bumi Mutiara Indah (BMI) 1 dan 2 was-was. Pasalnya hujan yang turun pada Selasa (2/1) sore hingga malam, membuat ratusan rumah yang ada di BMI 1 dan 2 terendam banjir.
"Tadi malam (kemarin malam) banjir, air masuk kerumah warga sampai 30 senti meter," ujar Kepala Desa Dawuan Tengah, Jejen Jaenal Arifin, kepada Radar Karawang, Rabu (3/1).
Dia menyampaikan, sebenarnya penyebab banjir itu adalah karena pintu Situ Kamojing yang melintasi perumahan BMI sedang dibuka. Sementara saat pintu air dibuka, kondisi hujan cukup deras. "Jadi itu karena tidak terkontrol oleh petugas pintu air Kamojing. Makanya air meluap kerumah warga," bebernya.
Lebih lanjut dia menyampaikan, air yang masuk ke perumahan tidak lama. anya sekitar beberapa jam saja, mulai dari pukul 19.00 Wib sampai pukul 21.00 Wib saja. Karena memang saat pintu air dari Situ Kamojingnya sudah ditutup, air bisa terkendali. "Ini juga saya mau ke Kamojing (Penjaga Situ Kamojing), untuk komunikasi supaya tidak lalai mereka," ujarnya.
Sementara Sekretaris Kecamatan Cikampek Asep Amrullah menyampaikan, saat ini pihak pemerintah sudah mulai melakukan penanganan agar banjir tidak semakin meluas. Karena, kalau sampai tidak ada banjir sama sekali menurutnya tidak akan mungkin. "setidaknya untuk meminimalisir banjirlah. Sekarang sudah komunikasi dan koordinasi dengan pihak Situ Kamojing dan Perum Jasa Tirta (PJT) II. Pasalnya selain adanya kiriman air dari Situ Kamojing, banjir disebabkan oleh tidak lancarnya sipon Cikaranggelam yang ada di BMI. "Sudah mulai dilakukan pengerukan sampah di sipon Cikaranggelam, seperti yang dilakukan tahun-tahun sebelumnya," ujarnya.
Lebih lanjut dia menyampaikan, banjir yang terjadi pada Selasa malam memasuki permukiman warga yang ada di Perumahan BMI 1 dan 2 adapun rinciannya adalah BMI 2 Desa Dawuan Barat di Blok A, B dan C dan di BMI 1 yang masuk Desa Dawuan Tengah adalah RW 10, RW 18 dan RW 19. "Dia berharap warga juga menyadari bahwa salah satu penyebab banjir adalah sampah yang dibuang ke sungai oleh warga sendiri," pungkasnya. (zie)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template