Bertahan Hidup dengan Sapu Lidi - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Bertahan Hidup dengan Sapu Lidi

Bertahan Hidup dengan Sapu Lidi

Written By Admin Raka on Jumat, 19 Januari 2018 | 17.15.00

TELUKJAMBE TIMUR, RAKA - Tidak ada yang ingin hidup susah saat usianya tua. Tetapi karena keadaan, beberapa orang harus rela bersusah payah untuk bisa bertahan hidup. Diantaranya kakek Dalung (95) warga Kampung Ciranggon RT 02/01, Desa Cipayung, Kecamatan Telukjambe Timur. Dia terpaksa berjualan sapu lidi di Pasar Bojong, Kelurahan Tanjungpura.
"Saya tidak mau merepotkan anak-anak saya, dan saya tidak mau berdiam diri apalagi meminta belas kasihan orang. Makanya saya memilih berjualan sapu lidi supaya punya penghasilan," ucap Dalung, kakek renta itu, kepada Radar Karawang Kamis (18/1).
Kentara sekali, meski masih terlihat bersemangat namun usia tidak bisa membohongi, Dalung tetap terlihat kepayahan setiap kali bergerak. Dalam sehari Dalung mampu menjual sepuluh ikat sapu lidi. Untuk harga sapu lidinya Dalung menjualnya seharga Rp 10.000 per ikat. Dalam sehari, kalau semua sapu lidinya habis Dalung bisa mengumpulkan uang Rp 100.000 per hari, paling apes Rp 80.000.
"Hasil jualannya dibuat kebutuhan sehari-hari. Kadang bisa sampai dua hingga tiga hari. Kalau uangnya sudah habis jualan lagi," ujar kakek lima anak yang baru ditinggal mati istrinya 1,5 tahun lalu. Kendati begitu Dalung pun mengakui tidak selalu sapu lidinya terjual. Terkadang yang laku dua tiga hingga empat ikat saja. Selebihnya dibawa pulang untuk dijual lagi keesokan harinya. "Ada sih yang gak laku tapi bisa lagi besoknya," ucapnya.
Masih dikatakan Dalung, sapu lidi yang dijualnya didapatnya dengan cara mengumpulkan daun-daun kelapa tua yang jatuh di sekitaran rumahnya. Dari satu pelepah dia bisa mendapatkan satu sampai dua ikat sapu lidi. "Ada saja pelepah tua yang jatuh dari pohonnya. Kalau di sekitar rumah tidak ada saya mencarinya di tempat lain," ucapnya. (yfn)
Berbagi Artikel :
 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template