Berdayakan Ekonomi Istri Nelayan Cibuaya - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Berdayakan Ekonomi Istri Nelayan Cibuaya

Berdayakan Ekonomi Istri Nelayan Cibuaya

Written By Admin Raka on Senin, 22 Januari 2018 | 16.00.00

CIBUAYA, RAKA- Guna memajukan masyarakat pesisir pantai utara, Pertamina PHE ONWJ membangun program kemitraan dengan Kelompok Kerja Pemberdayaan Masyarakat Pesisir (KKPMP). 3 sektor yang dipilih yakni sarana air bersih (SAB), peningkatan sarana pendidikan dan pemberdayaan UKM istri nelayan.
Menurut Ketua KKPMP Wanusuki, program kemitraan peduli dan berbagi yang dilakukan oleh Pertamina PHE ONWJ ini, merupakan salah satu bentuk kepedulian Pertamina kepada masyarakat pesisir, khususnya di wilayah Pantai Utara (Pantura) seperti Cemarajaya, Sungaibuntu, Pusakajaya Utara, Ciparage, Sukajaya dan Sukakerta. "3 sektor ini merupakan kebutuhan masyarakat pesisir yang memang harus di penuhi," ujarnya, kepada Radar Karawang.
Masih kata Wanusuki, bantuan yang diberikan Pertamina untuk 3 sektor penting tersebut bukan berupa uang, namun jenis barang dan kebutuhan bagi masyarakat. Seperti misalnya pemberdayaan UKM istri nelayan yang saat ini berjalan dalam usaha kerupuk cumi. Selain dibina, masyarakat juga diberikan bantuan berupa alat dan kelengkapan yanh dibutuhkam dalam proses pembuatan kerupuk cumi tersebut. "Jadi gak diberikan bentuk uang, karena uang itu rentan. Dan juga, bantuan ini bukan memulai dari awal, tapi mendorong masyarakat yang sebelumnya sudah mempunyai usaha, artinya pihak Pertamina mendorong agar lebih maju," ucapnya.
Adapun UKM masyarakat saat ini bukan hanya kerupuk cumi, ada juga bandeng tanpa duri, kerupuk rajungan dan yang lainnya.
Di tempat berbeda Cakim (53) membenarkan, sebagai penerima manfaat untuk rehab bangunan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Bina Bahari di Desa Cemarajaya dari program berbagi dan peduli Pertamina PHE ONWJ, pihak Pertamina memberikan bantuan berupa kebutuhan yang diperlukan PAUD tersebut. "Kita tidak terima bentuk uang, tapi lebih ke barang yang dibutuhkan. Memang harusnya seperti itu, jadi tidak memberikan ruang kepada oknum untuk bertindak negatif," katanya. (rok)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template