Bentuk Kedisiplinan Siswa - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Bentuk Kedisiplinan Siswa

Bentuk Kedisiplinan Siswa

Written By Angga Praditya on Senin, 29 Januari 2018 | 18.00.00

CIAMPEL, RAKA - Mengajarkan tentang kedislipinan dalam belajar itulah yang terus dilakukan oleh salah satu guru di Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 1 Ciampel.  Yayat Supriatna meski sebagai guru olahraga, namun kegigihannya dalam mendidik siswa di bidang kegamaan gencar dilakukannya.
Bagi Yayat, dengan menjadi guru olahraga di sekolah hanya sebatas kewajiban profesi yang tengah di embannya. Namun kata dia, jika seorangt guru hanya dibatasi dengan mata pelajaran sesuai dengan bidangnya itu tidak memberikan nilai lebih baginya.  Mendidik seorangt siswa bagi Yayat sama saja dengan mendidik putra-putrinya, tidak ada perbedaan sama sekali baik di sekolah maupun di rumah. Maka tak heran jika setiap pelajaran yang diberikannya, guru yang dikenal akrab dengan siswa itu selalu meluangkan waktunya untuk berceramah. "Guru olahraga tapi suka ceramah gitu, selagi yang disampikan itu baik buat mereka kenapa tidak," ucapnya.
Karena menurutnya sebaik-sebaiknya manusia adalah orang yang bermanfaat bagi orang lain. Belajar dari pepatah kata dia, sampaikanlah ilmu walupun satu ayat. sekecil apapun yang diketahuinya ketika itu baik untuk orang maka sampaikanlah. "Pelajaran dalam hidup bisa kita dapatkan dimana saja, kadang saya juga banyak belajar dari anak-anak," ucapnya.
Membentuk siswa yang disiplin banyak cara dilakukan, Yayat bahkan lebih dari sekedar itu, dengan melakukan pendekatan terhadap siswa baik mengetahui secara kepribadian siswa maupun pergaulan mereka di luar sekolah maupun lingkungan menjadi cara jitu untuk membentuk siswa yang disiplin. "Ketika sudah merasa dekat dengan siswa, mereka akan lebih disiplin dalam menjalankan kegiatan apapun, karena akan banyak pelajaran yang mereka dapatkan baik pengalaman maupun pelajaran," ungkapnya.(yna)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template