Bantuan PKH Belum Merata - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Bantuan PKH Belum Merata

Bantuan PKH Belum Merata

Written By Admin Raka on Senin, 29 Januari 2018 | 17.15.00

Warga Miskin Desa Kutapohaci Tidak Terima Bantuan

CIAMPEL, RAKA - Sejumlah masyarakat calon penerima bantuan Program Keluarga Harapan (PKH) di Desa Kutapohaci berbondong-bondong mendatangi kantor desa. Pasalnya terdapat warga yang secara eknomi tergolong tidak mampu dan memiliki banyak anak tetapi tidak menerima bantuan.
Seperti yang dialami oleh Nani (32), warga Desa Kutapohaci ini mengaku ingin sekali mendapatkan bantuan dari pemerintah seperti para tetangga di lingkungan dekat rumahnya. Meski harus rela menunggu di kantor desa cukup lama, perempuan yang memiliki 2 anak ini tidak pernah menyerah untuk mendapatkan bantuan. "Dari dulu tetangga saya aja yang mendapatkan bantuan, keluarga saya nggak, padahal sama-sama membutuhkan," ucapnya.
sementara Koordinator PKH Kecamatan Ciampel, Rudiana mengatakan, yang menentukan calon penerima bantuan PKH bukan pemerintah desa maupun ketua RT yang berada di lingkungan. Melainkan pemerintah pusat melalui kementrian langsung. Maka kata dia, sudah tidak ada lagi campur tangan pemerintah setempat agar data pemberian bantuan dirubah. "Kalau ditanya siapa yang mau mendapatkan bantuan pasti banyak, kita sendiri juga kan tidak bisa menetukan soalnya data sudah langsung dari pusat, kita yang di lapangan hanya memastikan para calon penerima bantuan saja," terangnya.
Tercatat kata dia, dari tahun sebelumnya ada sebanyak 1.059 warga Ciampel yang mendapatkan bantuan dan ada penmabahan calon penerima baru yaitu sebanyak 620 keluarga penerima manfaat (KPM). "Penambahan juga sesuai dari data pusat langsung tidak dari kita," katanya.
Dia juga menjlaskan, meski pemerintahan menargetkan penerima PKH semakin banyak agar bantuan sosial tersebut bisa dinikmati oleh masyarakat. Namun tetap saja pemerintah setempat juga harus dilibatkan untuk penentuan calon penerima. Jangan sampai kata dia, dengan adanya bantuan tersebut tetapi diberikan tidak tepat sasaran. "Untuk menghindari kecemburuan sosial, jadi calon penerima sudah ditentukan dari pusat, tapi tetap saja masih banyaki masyarakat yang kurang paham," tuturnya.
Dia juga menjelaskan, pemberian bantuan akan diberikan kepada setiap Rumah Tangga Sangat Miskin (RTSM) yang memiliki ibu hamil, nifas, menyusui atau memiliki anak balita atau anak usia 5-7 tahun yang belum masuk pendidikan SD atau memiliki anak usia SD, SMP dan SMA sederajat. "Ketika di lapangan tidak sesuai dengan kondisi, maka mesti dipertanyakan," ungkapnya.
Sementara Sekretaris Desa Kutapohaci, Nandang mengatakan bahwa dengan bertambahnya calon penerima bantuan bukan berarti angka kemiskinan di Ciampel bertambah. Namun diketahui sendiri kata dia, pemerintah pusat melalui kementrian sosial memang sedang menargetkan penerima PKH untuk bisa lebih banyak. "Untuk warga Desa Kutapohaci sendiri yang mendapatkan bantuan PKH ada sebanyak 119 peneriman, kita juga tidak tahu siapa aja soalnya data langsung dari pusat, semoga saja bisa tepat sasaran," harapnya.(yna)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template