Awasi Coklit Data Pemilih - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Awasi Coklit Data Pemilih

Awasi Coklit Data Pemilih

Written By Angga Praditya on Kamis, 18 Januari 2018 | 16.00.00

PPL Diminta Cermat

PEDES,RAKA- 12 oleh Pengawas Pemilu Lapangan (PPL) Kecamatan Pedes resmi dilantik, Rabu (17/1) kemarin. Pelantikan ini sekaligus diberikan pembelakan terkait tugas PPL di lapangan. Setelah dilantik, ada tugas yang harus dilaksanakan oleh PPL, yaitu mengawasi Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP). Pasalnya, data pemilih merupakan persoalan krusial dan sering menjadi pemicu permasalahan di pemilu.
Ketua Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam) Pedes, Kusnadi menuturkan, semua tahapan perekrutan PPL dilakukan secara transparan. PPL ini ditempatkan satu orang di tiap desa untuk melakukan pengawasan di wilayahnya masing-masing. "Proses seleksi hingga pelantikan berjalan lancar. Sejak dilantik ini, PPL sudah resmi dan siap bekerja melakukan pengawasan," katanya, pada Radar Karawang.
Setelah selesai dilantik, Kusnadi meminta semua PPL turun langsung ke lapangan, melakuan pengawasan pemantapan PPDP di desanya masing-masing. Ini merupakan kerja pertama PPL setelah dilantik. Menurutnya, pemutakhiran data pemilih ini sangat krusial, sehingga harus diawasi dengan baik. "Setiap penyelenggaraan pemilu, data pemilih ini selalu menjadi sumber permasalahan. Jadi, pengawasan pada proses pemutakhiran data pemilih harus dilakukan dengan maksimal," paparnya.
Pengawasan ini, lanjutnya, harus dilakukan secara cermat dan teliti, terutama dalam pencocokan dan penelitian (Coklit) terhadap data penduduk potensial pemilih pemilu. Pastikan coklit yang dilakukan petugas dilakukan dengan benar sesuai dengan aturan. "Karena DPT (daftar pemilih tetap) bermasalah diawali dengan petugas coklit yang melakuan coklit dengan tidak baik. Misal hanya minta data dari desa tanpa turun ke lapangan. Oleh karena itu, coklit ini mesti diawasi. Karena jika tidak diawasi akan ada indikasi pemilih yang tidak terdaftar dalam DPT," paparnya.
Sebelumnya, dalalam proses perekrutan PPL di Kecamatan Pedes, terdapat 38 pendaftar dari 12 desa. Masa pendaftaran PPL di Kecamatan Pedes tidak diperpanjang, karena setiap desa telah memenuhi batas minimal kuota pendaftar yakni tiga orang. Selanjutnya, para pendaftar ini akan mengikuti tes administrasi dan wawancara sebelum ditetapkan menjadi PPL.(asy)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template