Antre, Berdiri Berjam-jam Demi KTP Elektronik - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Antre, Berdiri Berjam-jam Demi KTP Elektronik

Antre, Berdiri Berjam-jam Demi KTP Elektronik

Written By Angga Praditya on Kamis, 25 Januari 2018 | 12.15.00

KOTABARU, RAKA - Program sambang desa pembuatan KTP elektronik di Desa Cikampek Utara, Kecamatan Kotabaru, berhasil merangsang masyarakat untuk melakukan perekaman, Rabu (24/1) kemarin. Namun, mereka harus rela antre sambil berdiri berjam-jam menunggu giliran perekaman e-KTP.
Pemuda Kampung Ciselang, Desa Cikampek Utara, Taufik Hidayat (17) mengatakan, dirinya harus bersabar menunggu hampir dua jam agar bisa melakukan perekaman. "Huh parah sampe padat gini, pegel kaki berdiri, terus jongkok lagi, mana lama," ungkap Taufik kepada Radar Karawang.
Kasie Pelayanan Umum Kecamatan Kotabaru Muhammad Najib mengatakan, perekaman KTP elektronik dan surat keterangan (suket) oleh Disdukcapil Karawang disambut antusias oleh warga yang belum punya kartu identitas penduduk. "Jemput bola perekaman e-KTP akan dilakukan ke setiap desa di 9 desa di Kecamatan Kotabaru. Supaya warga mempunyai kartu identitas resmi," katanya.
Menurutnya masyarakat yang melakukan perekaman KTP elektronik di Desa Cikampek Utara lebih dari 200 orang, yang memadati seluruh isi bangunan kantor desa. "Kadesnya tidak ada di balai desa, sedangkan ini sedang banyak begini. Harusnya dia ada di desa, karena setidaknya bisa sedikit membantu dalam progam ini," paparnya.
Ia melanjutkan, meski tidak langsung mempunyai KTP elektronik, masyarakat bisa menggunakan suket. "Kalau Suket itu sifatnya hanya sementara, tapi berlaku mengurus keperluan warga seperti ke perbankan dan keperluan lainnya," ucapnya.
Setelah warga terdata di administrasi kependudukan, kata Najib, mereka akan tercatat secara resmi sebagai penduduk Karawang. Kemudian suket akan mempermudah juga untuk pemutakhiran data pemilih di Pilkada Jabar. "Kalau sudah ada suket artinya sudah resmi tercatat sebagai warga yang punya identitas," katanya
Sementara itu, Koordinator Pelayanan Perekaman KTP Elektronik Disdukcapil Kabupaten Karawang Sumingan menambahkan, perekeman KTP elektronik di Kotabaru ternyata didominasi oleh remaja. "Kebanyakan yang datang sih kelihatan pemula, ya ini juga dalam rangka percepatan perekaman menjelang Pilgub juga," pungkasnya. (ian)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template