Antisipasi Banjir Susulan, Sipon Cikaranggelam Dibersihkan - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Antisipasi Banjir Susulan, Sipon Cikaranggelam Dibersihkan

Antisipasi Banjir Susulan, Sipon Cikaranggelam Dibersihkan

Written By Admin Raka on Sabtu, 06 Januari 2018 | 15.30.00

CIKAMPEK, RAKA - Untuk mengantisipasi banjir susulan yang terjadi di perumahan Bumi Permata Indah (BMI) 1 dan 2, Desa Dawuan Tengah dan Desa Dawuan Barat, Kecamatan Cikampek. Sampah sungai Cikaranggelam dibersihkan dengan menggunakan alat berat. Pasalnya luapan air dari sungai Cikaranggelam menjadi penyebab banjir di perumahan tersebut.
Beradasasrkan pantauan Radar Karawang di lokasi, sipon Cikaranggelam, mulai dibersihkan  dengan menggunakan 2 alat berat pengeruk. Selama dua hari pengerukan, terdapat berbagai jenis sampah yang bisa dibersihkan diantaranya potongan kayu, bambu, plastik dan sampah rumah tangga lainnya berada di sungai tersebut.
Kepala Desa Dawuan Tengah Jejen Jaenal Arifin,ST menyampaikan, agar tidak kembali banjir susulan yang terjadi di wilayah perumahan BMI 1 dan 2, upaya yang dilakukan saat ini dengan melakukan normalisasi sungai Cikaranggelam. "Untuk antisipasi biar tidak kembali banjir, sipon Cikaranggelam dinormalkan kembali dengan dibersihkannya sampah yang terdapat disepanjang sungai," ujar Jejen, kepada Radar Karawang, Jumat (5/1).
Masih dikatakan Jejen, karena dengan dibersihkannya sungai tersebut, diharapkan dapat meminimalisir terjadinya banjir diwilayahnya, yang diakibatkan luapan situ kamojing saat intensitas air mulai meningkat. "Dua alat berat diturunkan, untuk membersihkan sepanjang sungai cikaranggelam, ini agar saat debit air mulai meningkat aliran bisa berjalan lancar," katanya.
Sementara itu, Camat Cikampek Sueb Sulaeman menambahkan, untuk saat ini agar tidak kembali terjadi banjir susulan. Upaya normalisasi sipon Cikaranggelam terus dilakukan. Hal itu lantaran banyaknya sampah yang menghambat kelancaran aliran sungai tersebut. "Hari ini masih dibersihkan siponnya, mudah-mudahan cuaca tetap mendukung normalisasi sipon dengan dibersihkannya sampah dapat berjalan lancar," ucapnya.
Tidak hanya itu, lanjut dia, berbagai bantuan logistik terus diberikan terhadap warga yang terkena banjir di perumahan BMI 1 dan 2. Selain itu, berbagai pengobatan sudah disiapkan. "Bantuan  logistik sudah ada diberikan ke posko, mulai dari air mineral, makanan  cepat saji, serta kebutuhan lainnya yang diperlukan. Bukan itu saja, tim pengobatan dari Puskesmas Cikampek, masih tetap berada di posko untuk memberikan pengobatan terhadap warga," katanya.
Menurutnya sebenarnya keberadaan sipon Cikaranggelam masih tergolong bagus. Namun, banyaknya sampah yang terdapat di sungai tersebut mengakibatkan banjir, untuk itu seharusnya sampah-sampah tersebut cepat dibersihkan. "Waduh kalau sipon mah masih bagus. Cuman banyak sampahnya saja banyak banget," ucapnya.
Seringnya menjadi langganan banjir di wilayah perumahan BMI, menurutnya, langkah yang harus dilakukan tidak hanya dengan normalisasi sipon saja. Akan tetapi, harus ada upaya serius dari pihak terkait. "Ya memang memerlukan tim work antara BBWS, PJT II dan pemda, biar persoalan banjir di sini bisa teratasi secara maksimal," tandasnya. (ian)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template