Ajari Anak Putus Sekolah Keterampilan - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Ajari Anak Putus Sekolah Keterampilan

Ajari Anak Putus Sekolah Keterampilan

Written By Admin Raka on Rabu, 10 Januari 2018 | 18.03.00

PASAWAHAN,RAKA- Banyaknya anak-anak putus sekolah, Komunitas Lentera Mimpi memberikan pengajaran kepada anak-anak disekitar Kampung Mekarjaya, Desa Margasari, Kecamatan Pasawahan. Anak-anak di kampung ini diajari membuat kerajinan dari barang bekas.
Ketua Komunitas Lentera Mimpi, Asan Solehudon mengatakan, banyak anak-anak yang hanya mengeyam pendidikan hingga tingkat SMP. "Usai menamatkan pendidikan di SMP, para pelajar tersebut lebih tertarik untuk bekerja sebagai pengepul barang bekas dari pada melanjutkan pendidikan," ungkap Asan, kepada Radar Karawang, Selasa (9/1).
Asan bersama beberapa orang mahasiswa dari berbagai kampus di Purwakarta, merasa terpanggil untuk memberikan pengajaran kepada anak-anak, khususnya yang tak melanjutkan sekolah. “Melihat apa yang terjadi di sini, kami dari Komunitas Lentera Mimpi merasa terpanggil untuk menumbuhkan kesadaran pelajar agar mau melanjutkan pendidikan ke jenjang selanjutnya,” kata Asan.
Ia juga mengatakan, tak hanya yang putus sekolah, komunitasnya juga rutin mendatangi para pelajar dan mengadakan kegiatan belajar diluar jam sekolah. "Kegiatan tersebut belajar diantaranya, belajar bersama, mengulangi pelajaran mereka di sekolah. Selain para pelajar juga diajarkan membuat kerajinan tangan dari bahan bekas hingga memiliki nilai ekonomis," paparnya.
Lebih lanjut ia mengatakan, motif dirinya memberi pengajaran tersebut merupakan bentuk kesadaran sosial, khususnya untuk memberikan pemahaman pentingnya pendidikan.
“Semua yang kita lakukan itu semata-mata untuk memberikan pemahaman tentang artinya pentingnya sebuah pendidikan,” jelas Asan.
Tak hanya kegiatan belajar, tambah Asan, Komunitas Lentera Mimpi juga mempunyai taman baca yang dibuka sejak bulan November 2017 lalu. "Kita juga punya taman baca yang dibuka bulan November. Disamping menumbuhkan semangat belajar, harus juga diiringi dengan semangat membaca karena belajar tanpa membaca merupakan sebuah hal yang tak dapat dipisahkan satu dama lain," pungkasnya. (cr2)
Berbagi Artikel :
 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template