Administrasi BUMDes Perlu Diperbaiki - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Administrasi BUMDes Perlu Diperbaiki

Administrasi BUMDes Perlu Diperbaiki

Written By Admin Raka on Sabtu, 20 Januari 2018 | 17.30.00

KUTAWALUYA, RAKA- Guna mensosialisasikan kegiatan pembangunan dan menertibkan administrasi di tiap desa yang berada di Kecamatan Kutawaluya, pendamping desa Kecamatan Kutawaluya lakukan evaluasi dan pembinaan ke semua sektor perangkat desa, mulai dari PKK, LPM, BUMDes dan lainnya, hingga seluruh kasi dan perangkat desa lainnya.
Yusuf Akbar, pendamping desa Kecamatan Kutawaluya mengatakan, seluruh perangkat desa dievaluasi dan diberikan pembinaan terkait sosialisasi pembangunan, terutama masalah pengadministrasian. Pasalnya, dirinya beserta pendamping desa lainnya, sering menemukan kesalahan perangkat desa dalam mengelola administrasi desa. "10 dari 12 desa yang berada di Kecamatan Kutawaluya, mayoritas masalah administrasinya yang kurang rapi," ujarnya, kepada Radar Karawang, setelah mengevaluasi Desa Mulyajaya.
Untuk itu, lanjut dia, evaluasi dan pembinaan yang dilakukan pendamping desa ini, diharapkan bisa menertibkan administrasi yang belum terselesaikan sepenuhnya. "Setelah pembinaan ini kami harap bisa membantu pengadministrasian desa yang lebih baik," ucapnya.
Ia lebih menekankam agar pembenahan ini untuk saling berkomunikasi dengan perangkat desa dan BUMDes, selebihnya bisa saling bertukar informasi. Dirinya juga berjanji ketika belum bisa pengadministrasian, pihaknya bisa membantu 1x24 jam dan siap melayani kebutuhan bumdes di Kecamatan Kutawaluya.
Di tempat yang sama, Jalal direktur BUMDes Jayasakti Desa Mulyajaya menuturkan, untuk tahun 2017 BUMDes Jayasakti mengelola sewa tenda dan pom mini, sedangkan untuk tahun 2016 membuka toko obat atau apotik mini untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Dalam pengelolaan administrasi, dirinya mengaku masih memiliki kekurangan. Mengingat, instruksi kepala desa yang di nilai sering memgratiskan berbagai kebutuhan masyarakat. "Paling kita dapat uang dari pom mini, yang lain mah kebanyak di gratiskan sama kades, jadi administrasinya agak runyem," tandasnya. (rok)
Berbagi Artikel :
 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template