Ada Dewan Dapil Lima Reses Fiktif - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Ada Dewan Dapil Lima Reses Fiktif

Ada Dewan Dapil Lima Reses Fiktif

Written By Admin Raka on Selasa, 16 Januari 2018 | 16.30.00

CIKAMPEK, RAKA - Pembangunan yang terjadi di Karawang tergolong masih belum merata. Seharusnya anggota DPRD Karawang yang memiliki fungsi pengawasan bisa menjalankan tugasnya dengan baik untuk bisa memperjuangkan aspirasi masyarakat.
Tetapi apa jadinya jika anggota dewan yang menjadi wakil rakyat di parlemen ternyata tidak bisa menjalankan tugasnya dengan baik. Salah satunya adalah banyaknya reses yang dilakukan dewan dengan tidak sesuai aturan atau fiktif.
Informasi yang dihimpun Radar Karawang, salah satu dewan dari fraksi Golkar daerah pemilihan (Dapil) V melangar aturan reses. Pasalnya reses yang seharusnya dilakukan enam kali dalam satu masa reses itu hanya dilakukan satu kali. Padahal reses dibiayai  anggaran pendapatan belanja daerah (APBD) Karawang untuk bisa menyerap aspirasi masyarakat.
Sementara anggota dewan yang diduga melakukan pelanggaran saat reses yang dilakukan dipenghujung tahun 2017 itu tidak pernah memberikan keterangan jelas terkait dugaan pelanggaran tersebut, bahkan cenderung menghindar. "Saya resesnya disatuin," ujar politisi Golkar saat dikonfirmasi Radar Karawang belum lama ini.
Sementara humas DPRD Karawang Dian menyampaikan, ada prosedur yang harus dilakukan oleh seorang anggota dewan saat melakukan reses. "Itu harus dilakukan enam kali, sehari satu kali," ujar Dian.
Dia juga melanjutkan, jika ada anggota dewan yang menjalankan reses tidak sesuai prosedur maka ada sanksi yang harus dijalankan. Yaitu harus mengembalikan uang reses kepada negara. "Sanksinya pengembalian anggaran itu yah," tambahnya.
Disinggung mengenai laporan atau berkas reses yang disampaikan oleh anggota DPRD saat reses yang dilakukan dipenghujung tahun 2017 lalu, sampai saat ini menurutnya tidak ada permasalahan. "Aturannya memang mempersempit angota dewan untuk melakukan kecurangan yah," ujarnya.
Sementara disinggung besaran anggaran reses yang digunakan oleh anggota dewan setiap kali reses, dirinya enggan memberikan komentar lebih jauh. (zie)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template