4 Perusahaan Buka Lowongan Kerja di Disnakertrans - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » 4 Perusahaan Buka Lowongan Kerja di Disnakertrans

4 Perusahaan Buka Lowongan Kerja di Disnakertrans

Written By Admin Raka on Jumat, 19 Januari 2018 | 16.45.00

KARAWANG,  RAKA - Pemerintah Kabupaten Karawang didesak menindak tegas perusahaan yang masih membuka lowongan kerja tanpa melalui Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans)  Karawang. Pasalnya dari ribuan perusahaan hanya beberapa saja yang melakukan perekrutan melalui lembaga pemerintah dalam memberikan pelayanan ketenagakerjaan.
Staf Bidang Rekrutmen dan Penempatan Kerja Disnakertrans Iryan Heryandi mengatakan itu kepada Radar Karawang, Kamis (18/1). "Setiap hari selalu ada lowongan di perusahaan dan itu terbuka untuk umum. Hanya disayangkan sekalipun perekrutan tenaga kerja itu sudah satu pintu selalu saja ada perusahaan yang masih menggandeng pihak diluar Disnakertran," ujarnya disela-sela ujian tes bagi peserta.
Kata Iryan, sejauh ini pelayanan kepada masyarakat sudah cukup baik terutama  memberikan kesempatan bagai generasi muda yang ingin mendapatkan pekerjaan khususnya di Pabrik-pabrik. "Proses pertama dari perusahaan informasi ke kita, dan kita sesuaikan jadwal yang ada di Dinas kemudian kita lakukan seleksi dan paling banyak itu hanya 100 orang perperusahaan dan itupun lolos dan tidaknya ada di perusahaan bukan di kita," ungkapnya.
Lanjut Iryan, secara garis besar antusias masyarakat karawang khususnya usia 25 ke bawah untuk bekerja di pabrik sangat tinggi. "Yang ingin kerja ke pabrik itu cukup tinggi, hanya di kita masih terkendala dengan tidak semua pabrik melakukan perekrutan di Disnaker. Padahal perbupnya sudah jelas kalau mau rekrutmen itu sudah satu pintu," paparnya.
Masih dikatakan Iryan, untuk persoalan rekrutmen melalui Disnakertran tidak ada biaya apapun yang harus dibebankan kepada masyarakat yang ingin mendapatkan pelayanan jika hal itu dilakukan dengan dinas. Beda halnya jika perekrutan bukan dilakukan dinas, Iryan tidak menjamin jika tidak ada pungutan. "Untuk di dinas gratis mulai buat kartu kuning pendaftaran itu sama sekali tidak ada biaya," paparnya.
Hal itu dibuktikan dengan pengakuan Regi Fauzi (21) yang sedang mencari kerja. Tidak peduli di pabrik manapun ditempatkan dia akan menurut. "Tidak ada biaya apa-apa yang harus dikeluarkan kecuali mau makan dan minum saat seleksi. Harapan saya pemda harus mendorong perusahaan agar yang ingin mendapatkan pekerjaan bisa dengan mudah mendapatkan. Kalau bisa perekrutan itu jangan diluar dinas agar mengaksesnya bisa mudah," paparnya.
Senada itu M. Arinal (20) warga Kecamatan Purwasari yang sudah pernah kerja di pabrik itu mengaku jika pelayanan yang diberikan Disnaker sudah sangat memuaskannya. "Sebelumnya pernah ikut seleksi disini dan masuk. Siapa tahu sekarang bisa masuk lagi," paparnya.
Sementara ketika Radar Karawang mencoba konfirmasi Kadisnakertrans Ahmad Suroto ternyata tidak berada di kantornya.  (apk)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template