38 Orang Daftar Pengaws Pemilu Lapangan - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » 38 Orang Daftar Pengaws Pemilu Lapangan

38 Orang Daftar Pengaws Pemilu Lapangan

Written By Admin Raka on Jumat, 05 Januari 2018 | 18.15.00

PEDES,RAKA- Diakhir pendaftaran Pengaws Pemilu Lapangan (PPL) di Kecamatan Pedes, terdapat 38 pendaftar dari 12 desa. Masa pendaftaran PPL di Kecamatan Pedes tidak diperpanjang, karena setiap desa telah memenuhi batas minimal kuota pendaftar yakni tiga orang. Selanjutnya, para pendaftar ini akan mengikuti tes administrasi dan wawancara sebelum ditetapkan menjadi PPL.
Ketua Panwascam Pedes, Kusnadi, mengatakan, pendaftaran PPL sudah dibuka sejak 29 Desember 2017 hingga 4 Januari 2018. Diakhir pendaftaran ini, ada 38 orang yang sudah mendaftar. Masing-masing desa telah memenuhi batas minimal pendaftaran yakni tiga orang. Bahkan, ada dua desa yang memiliki pendaftar 4 orang, yaitu Desa Sungaibuntu dan Desa Karangjaya. "Dari tiga orang pendaftar dari tiap desa ini, nantinya diambil satu orang untuk ditetapkan menjadi PPL. Banyaknya pendaftar, ini menunjukan antusias masyarakat Pedes dalam partisipasi pengawasan pemilu ini cukup tinggi. Antusiasme yang tinggi ini, membuat kami semakin bersemangat dalam bekerja, untuk menciptakan pemilu yang berkeadilan dan berintegritas," katanya, saat dihubungi Radar Karawang, Kamis (4/1) kemarin.
Setelah pendaftaran ini, lanjutnya, pihaknya akan melakukan seleksi administrasi. Karena pada perekrutan PPL ini tidak ada tes tulis, setelah seleksi administrasi pendaftar akan diwawancara dan dimintai tanggapan dari masyarakat. Ini dilakukan, agar setiap PPL yang lolos memiliki catatan baik di masyarakat. "Bagi pendaftar, persiapkan dengan baik, jangan berpikir seleksi ini main-main. Perdalam lagi materi tentang kepemiluan, sehingga nanti pas wawancara bisa berjalan lancar. Kami melakukan seleksi ini secara terbuka," ujarnya.
Diteruskannya, hasil seleksi PPL ini akan bisa diketahui pada tanggal 14 Januari mendatang. Rencananya, pada tanggal 17 Januari sudah dilakukan pelantikan. PPL yang dilantik, memiliki masa kerja hingga Pilgub Jawa Barat selesai. "Masa kerjanya sampai pilgub selesai. Kalau untuk pileg dan pilpres, kemungkinan akan melakukan perekrutan ulang. Kami menunggu arahan dari kabupaten aja nanti seperti apa," paparnya.
Di tambahkan Kusnadi, kerja pertama dari PPL ini setelah dilantik,  yaitu mengawasi pelaksanaan pemutakhiran data pemilih pada tanggal 20 Januari 2018. Menurutnya, pemutakhiran data pemilih ini sangat krusial, sehingga harus diawasi dengan baik. "Setiap penyelenggaraan pemilu, data pemilih ini selalu menjadi sumber permasalahan. Jadi, pengawasan pada proses pemutakhiran data pemilih harus dilakukan dengan maksimal," pungkasnya. (asy)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template