20 Rumah Warga Miskin Direhab - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » 20 Rumah Warga Miskin Direhab

20 Rumah Warga Miskin Direhab

Written By Angga Praditya on Rabu, 03 Januari 2018 | 17.30.00

PURWASARI, RAKA - Meski kabupaten Karawang memiliki upah minimum regional (UMR) tertinggi di Indonesia, namun kondisi tersebut ternyata bertolak belakang dengan kondisi masyarakatnya. Pasalnya satu desa saja, masih terdapat puluhan bahkan ratusan rumah warga yang tilak layak huni.
Untuk menyelesaikan permasalahan tempat tinggal warga kurang mampu itu, Pemerintah Provinsi Jawa Barat dengan menggandeng TNI menjalankan program perbaikan rumah tidak layak huni. Seperti yang sudah direalisasikan di Desa Purwasari, Kecamatan Purwasari, ada 20 rumah warga miskin mendapatkan bantuan dari program Pemprov tersebut.
Tidak sedikitr warga miskin yang mendapat bantuan tersebut merasakan kebahagiaan yang sangat mendalam saat rumahnya mulai dikerjakan atau diperbaiki bahkan sampai selesai. Seperti yang disampaikan oleh Surtiah (55), warga Kampung Sadang Rt 05/03, Desa Purwasari, Kecamatan Purwasari.
"Terimakasih sudah membetulkan rumah saya. Sekarang rumah saya nyaman untuk jadi tempat tinggal," ujar Surtiah, kepada Radar Karawang, Selasa (2/1).
Sementara Bendahara LPM Desa Purwasari Surya Jaka Bari (47) menyampaikan, sebelum mendapatkan bantuan dari program Pemprov Jawa Barat, kriteria yang paling utamanya adalah yang mengajukan harus memang benar-benar warga yang kondisi ekonominya lemah. Kemudian kondisi rumahnya juga memang tidak layak huni. "Kami melakukan pengajuan dari tahun 2014, tapi akhirnya alhamdulillah baru bisa terealisasi di tahun 2017," katanya.
Dia menyampaikan, pengerjaan proyek yang digarap oleh LPM dan diawasi oleh TNI itu mulai dilakukan pada tanggal 11 November 2017 dan selesai pada tanggal 30 Desember 2017. Mulai dari awal sampai akhir proses pengerjaan diawasi ketat oleh TNi dalam hal ini personil dari Kodim 0604 Karawang. "Ada 20 rumah warga yang dapat program ini. Tersebar di tiga dusun yaitu dusun satu, dua dan tiga," bebernya.
Dikatakannya, untuk besar anggarannya sendiri per unit mencapai Rp12.700.000 dengan syarat bangunan yang harus ada adalah wc dan jendela untuk pentilasi udara kemudian ukuran rumahnya 4 X 5 M2. Selain itu program tersebut, tambah Jaka, merupakan program renovasi rumah. Meski demikian, dari 20 rumah yang ada terdapat sembilan rumah yang direhab dari nol. "Hasil konsultasi dengan pengawas, itu diperbolehkan. Kekurangan anggarannya sendiri dari swadaya masyarakat. Tapi kebanyakan dari keluarga mereka (yang rumahnya direhab) sendiri," bebernya.
Lebih lanjut dia menyampaikan, sebenarnya karena lamanya realisasi program dari awal pengajuan, banyak warga yang tidak percaya. Bahkan pada saat pengukuran dan peninjauan untuk merealisasikan program tersebut, warga banyak yang menyanksikan program tersebut. "Diukur lagi ditinjau lagi, kapan realisasinya," ujar Jaka menirukan pernyataan warga yang mulai ragu dengan program tersebut.
Tapi, tambah Jaka, setelah program tersebut benar-benar direalisasikan, akhirnya warga benar-benar percaya dengan program pemerintah tersebut. Bahkan banyak warga yang ngomong ternyata pemerintah peduli dengan warga miskin. "Pas realisasi, mereka pada senenglah. Sekarang sudah selesai pengerjaannya 100 persen. Hanya tinggal penyusunan SPJ. Bahkan akhir tahun kemarin ada peninjauan dari pihak Kodam," jelasnya.
Sementara Kepala Desa Purwasari AsepSaepulloh menyampaikan, sebenarnya masih banyak warga Purwasari yang membutuhkan program rutilahu. Oleh karenanya, dia meminta agar Pemprov jabar termasuk Pemda Karawang menambah kuota untuk program yang langsung menyentuh masyarakat miskin itu. "Kalau untuk rutilahu yang dari pemda lebih mudah. Kami hanya terima beres saja. Tapi untuk yang dari provinsi, itu digarapnya oleh LPM dan diawasi oleh TNI," terangnya.(zie)
Berbagi Artikel :

1 komentar:

  1. Asal bener2 buat rakyat insyaallah rakyat akan percya...asal jgn dikorupsi aja boss...

    BalasHapus

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template