Warga tak Mengerti Program Subsidi Listrik - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Warga tak Mengerti Program Subsidi Listrik

Warga tak Mengerti Program Subsidi Listrik

Written By Admin Raka on Selasa, 12 Desember 2017 | 20.30.00

PLN Didesak Turun Tangan

KLARI, RAKA - Upaya petugas PLN Kosambi dalam menjalankan program pemerintah terkait subsidi listrik nampaknya harus diperjelas lagi. Pasalnya masih banyak sejumlah masyarakat di Wilayah Kecamatan Klari yang belum mengerti akan kepesertaan subsidi listrik untuk rumah tangga.
Seperti yang dialami Anjas, warga Dusun Perumahan Griya Pesona Asri RT066/018, Desa Duren, Kecamatan Klari yang ingin mengajukan kepesertaan subsidi listrik untuk rumah tangganya. Dirinya mengaku tidak pernah tahu tentang kepsertaan subsidi tersebut. Sampai saat ini dirinya hanya membayar listrik saja. Namun setelah mendapatkan formulir dari Ketua RT setempat untuk bisa mendapatkan subsidi tersebut, dirinya merasa tertarik dan meminta bantuan sejumlah pegawai desa. "Saya sudah bulak balik ke kecamatan sama desa, tapi tidak tahu semua," akunya.
Setelah mengisi formulir tersebut, dia langsung mendatangi PLN Kosambi namun sayangnya tak lama setelah tiba dia hanya diberi tentang formulir dan langkah yang dibungkus oleh satu lembar kertas. Bingung dengan yang di maksud PLN, dia langsung mendatangi kantor Desa Duren untuk meminta ke jelasan. "Saya udah ke PLN, cuman dikasih kertas satu lembar ini aja," tuturnya.
Dia tetap meminta untuk ikut kepesertaan subsidi listrik yang merupakan program pemerintah berdasarkan peraturan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) no 29 tahun 2016. Karena untuk mendapatkan program subsidi listrik juga tidak sembarangan diberikan. Sebab kata dia, mungkin program tersebut juga harus tepat sasaran untuk siapa yang berhak menerimanya. "Saya nanya ke RT juga nggak tahu, ke desa juga tidak tahu sama kecamatan juga sama, PLN juga tidak menjelaskan," terangnya.
Hal serupa disampaikan Pegawai Desa Duren Arief Maulana, dirinya juga mengaku tidak mengetahui program dari pemerintah melalui PLN tersebut. Sebab, kata dia, untuk pihak PLN sendiri tidak pernah datang untuk menjelaskan program tersebut kepada masyarakat di Desa Duren. Padahal kata dia, waktu dan tempat selalu disediakan. "Dulu juga tidak ada yang datang, padahal ini kan program pemerintah, ya wajar kalau banyak yang tidak tahu, mereka sendiri tidak mau mensosialisasikannya," akunya.
Oleh karenanya dia meminta agar pihak PLN sendiri mau turun ke masyarakat untuk menjelaskan programa apa saja yang dipersiapkan oleh pemerintah untuk masyarakat. Jangan sampai masyaraklat yang terus menjadi korbannya karena ketidak tahunnya tersebut. "Kasian sama warga kalau dibiarkan begini terus, mending kalau masih muda, kalau tua kasian bulak balik terus," ungkapnya.
Sementara saat didatangi Radar Karawang, salah satu petugas kemanan PLN Kosambi meminta untuk membuat janji terlebih dahulu jika ingin bertemu dengan pimpinannya. "Maaf ya mas, harus ada janji dulu," terangnya.(yna)
Berbagi Artikel :
 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template