Warga Minta Pembangunan Taman Klari Dipercepat - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Warga Minta Pembangunan Taman Klari Dipercepat

Warga Minta Pembangunan Taman Klari Dipercepat

Written By Angga Praditya on Senin, 11 Desember 2017 | 19.00.00

KLARI, RAKA - Penampilan wayang kulit dan wayang golek yang diselenggarakan di depan halaman Kecamatan Klari selama dua hari ke depan ternyata menjadi alasan masyarakat untuk segera mempercepat pembangunan taman di depan kantor pelayanan tersebut. Pasalnya jika halaman tersebut hanya dijadikan tempat untuk kegiatan hajatan saja bisa merusak kebudayaan asli bahkan bisa merusak lingkungan.
Hal tersebut disampaikan langsung oleh Lili Sukarli, Kasi Pemerintahan Desa Duren, pada dasarnya pagelaran atau kirab budaya tersebut memang sangat bagus untuk menumbuhkan kembali budaya asli daerah kepada anak penerus bangsa ke depan. Namun jika dalam pagelaran tersebut dibungkus dengan sesuatu hal mewah dia menilai hal tersebut mengurangi budaya asli itu sendiri. "Kalau kegiatan sama pagelarannya bagus, bagus banget malah, kembali menumbuhkan budaya daerah," tuturnya.
Namun sayangnya, kata Lili, pagelaran budaya di halaman Kecamatan Klari hanya diisi saat ada kegiatan hajatan atau ulang tahun perusahaan saja. Padahal kalau di halaman tersebut disediakan semacam sanggar budaya, maka penerus generasi muda akan lebih bisa fokus untuk lebih mendalami kebudayaan tersebut. Dengan demikian, wacana akan dibangunnya taman dan berbagai fasilitas di halaman Klari harus segera dilakukan. "Kalau nunggu hajatan atau yang ulang tahun doang mah mungkin lama, coba kalau punya sanggar sendiri dan taman mungkin setiap hari masyarakat bisa menyaksikan kirab budaya," ungkapnya.
Sementara Camat Klari, Rachmat mengaku bahwa dirinya tidak bisa untuk mempercepat rencana pembangunan taman di depan halaman kantornya tersebut. Sebab, kata dia semua prosesnya sampai pembangunan sudah dilimpahkan kepada dinas yang berkaiatan langsung. "Kalau kita sifatnya hanya memberikan pengajuan saja untuk dijadikan taman ataupun hal lainnya, sedangkan untuk pembangunannya sendiri itu tidak tahu, dari dinas yang berkaitannya langsung," ucapnya.
Sebelumnya kata dia, memang sudah ada pengkuran lahan di halaman Kecamatan Klari, namun sampai saat ini belum ada lagi kelanjutan untuk pembangunan taman itu. Dirinya berharap sama dengan masyarakat bahwa pembangunan taman di lapangan tersebut untuk bisa segera dilakukan. "Kalau mau dibilang mah kita juga pengen dipercepat pembangunannya," akunya.
Sementara Dedi Mulyadi, salah satu guru kesenian di SMAN 2 Klari mengatakan, bahwa jika di wlayah Kecamatan Klari sudah berdiri taman dan lahan untuk kirab budaya. Maka mudah baginya untuk bisa melestraikan budaya kesenian kepada setiap peserta didiknya di sekolah. Justru kata dia, wilayah Klari saat ini kekuarangan tempat atau sanggar bagi para remaja untuk melatih keterampilannya. "Bagus kalau memang sudah direncanakan, bila perlu segera dibangunkan," ungkapnya.(yna)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template