Warga Minta Kerja Nyata Satgas Citarum - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Warga Minta Kerja Nyata Satgas Citarum

Warga Minta Kerja Nyata Satgas Citarum

Written By Admin Raka on Sabtu, 09 Desember 2017 | 14.30.00

KLARI, RAKA - Keberadaan Satgas Citarum diminta untuk segera menagkap para pelaku pencemar Citarum baik perorangan maupun perusahaan. Pasalnya Sungai Citarum merupakan aset alam yang dimiliki Karawang dan keberadaannya harus dilestarikan.
"Kami sangat senang yah, dengan adanya Satgas Citarum. Tapi kami sebagai warga menunggu langkah konkret yang dilakukan oleh mereka," kata tokoh masyarakat Klari Ahmad Hadibrata kepada Radar Karawang, Jumat (8/12).
Dia menyampaikan, jangan sampai Satgas sudah ada, tetapi kondisi Citarum tetap tidak ada perubahan. Menurutnya, kondisi Citarum saat ini cukup memprihatinkan, karena sungai yang menjadi identitas Kabupaten Karawang itu ternyata mengalami perubahan yang cukup signifikan. Mendengar cerita orang tua dulu, saat bingung tidak punya lauk untuk makan, tinggal turun ke citarum langsung bisa dapat ikan. "Kalau sekarang boro-boro ada ikan, orang mandi di Citarum saja sudah nggak mau karena airnya sudah beraneka warna," ujar Adi yang merupakan dosen di salah satu perguruan tinggi di Karwang itu.
Lebih lanjut dia menyampaikan, sudah banyak aktivis pengiat lingkungan yang selalu ngomong soal pencemaran citarum, tetapi sayangnya apa yang dilakukan oleh para aktivis itu terlihat tidak ditangani serius oleh pemerintah. Padahal sebenarnya kalau bertanya pada nurani warga Karawang, tidak mau melihat citarum tercemar. "Silahka saja tanya, dari hati nurani warga Karawang. Pasti mereka ingin citarum bersih," katanya.
Oleh karenanya, kerja nyata satgas citarum sangat diharapkan oleh seluruh lapisan masyarakat untuk menindak para pelaku pencemar citarum. Terlebih dalam undang-undang lingkungan hidup juga sangat jelas sanksinya yaitu pidana dan denda sampai miliaran rupiah. "Pelaku pencemar lingkungan memang harus ditindak. Jangan dibiarkan begitu saja seolah tidak punya dosa," ujarnya.
Lain dari itu dia meyampaikan, harus diakui masih banyak warga yang tidak peduli dengan kondisi lingkungan. Salah satunya adalah masih banyaknya warga yang bebas membuang sampah ke sungai citarum. Padahal apa yang dilakukan itu sangat berbahaya untuk keberlangsungan warga karawang terutama yang tinggal di sepanjang bantaran sungai citarum. "Salah satu penyebab banjir adalah sampah yang dibuang ke sungai yang ada di Karawang, terutama sungai citarum," pungkasnya.
Sementara sebelumnya tim satgas citarum harum bestari sudah mulai melakukan bersih-bersih sungai citarum dengan start dari Bendungan Walahar hingga Tanjungtpura. Tim tersebut didalamnya terdapat unsur masyarakat, Pemerintah, TNI dan Polisi. (zie)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template