Warga Kosambi Beli Mobil Sampah Sendiri - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Warga Kosambi Beli Mobil Sampah Sendiri

Warga Kosambi Beli Mobil Sampah Sendiri

Written By Admin Raka on Jumat, 22 Desember 2017 | 13.00.00

KLARI, RAKA - Berbagai cara bisa dilakukan oleh setiap orang dalam menjaga kebersihan lingkungannya. Seperti yang dilakukan oleh warga Dusun Kosambi II RT031/009,  Desa Duren, Kecamatan Klari, beberapa hari ini mereka melakukan pengangkutan sampah yang ada di lingkungan dengan mobil pribadinya sendiri.
Ketua RT031/009 Dusun Kosambi II, Desa Duren, Kecamatan Klari, Surya mengtakan, bahwa hampir setiap minggu sampah yang sudah terkumpulkan di setiap rumah warga diangkut ke mobil hasil pengangkut sampah yang berasal dari iuran warga setempat. Meski tidak sebagus mobil dari pemerintah namun manfaat keberadaan mobil kolbak bisa itu dapat dirasakan oleh masyarakat di lingkungan sekitar. "Pakai mobil pribadi masyarakat," katanya.
Bayangkan saja kata dia, dalam satu minggu tumpukan sampah yang berhasil dikumpulkan lebih dari satu kuwintal. Jika tidak dilakukan sama sekali pengangkutan sampah kata dia, mungkin bahaya ancaman banjir dan penyakit bisa terus berdatangan di kampung itu. Maka dengan inisiatif masyarakat bersama akhirnya dapat membeli satu unit mobil pengangkut sampah. "Kalau di dalam perkampungan mungkin tidak tersentuh oleh petugas kebersihan jadi kita beli mobil pengangkut sampah sendiri," tuturnya.
Sampah yang sudah terkumpulkan nantinya kata dia, dibuang ke Tempat Pembuangan Sampah (TPS) yang ada di Kabupaten Karawang yaitu di Jalupang, KOtabaru. Untuk meminimalisir biaya pembuangan sampah, dirinya memilih untuk pengangkutan dilakukan selama satu minggu sekali. "Biaya buat beli bensi mobil sama pekerjanya alhamdulilah semua dari iuran masyarakat dan kerjasama masyarakat juga," akunya.
Sementara menurut salah satu warga Dusun Kosambi II, Hanapi mengaku terbantu dengan adanya program pengangkutan sampah di kampung halamannya itu. Sebab, kata dia,  selain bisa membantu masyarakat dalam menjaga kebersihan lingkungan, warga juga bisa terbebas dari ancaman bahaya banjir dan wabah penyakit. "Bagus, justru ini bisa menjadi contoh teladan bagi kampung yang lainnya, kalau hanya mengandalkan petugas kebersihan mungkin tidak akan tersentuh, kalau bukan kita siapa lagi," ungkapnya.
Apa yang dilakukan oleh masyarakat tersebut juga mendapatkan apresiasi dari Kasi Trantib Desa Duren, Arief Maulana menilai bahwa selam kegiatan tersebut baik untuk masyarakat kenapa tidak. Justru dirinya merasa senang dan bangga karena masyarakat bisa mandiri. "Bagus kalau bisa dapat dilakukan oleh kampung lainnya," pungkasnya.(yna)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template