Warga Buang Sampah Sembarangan, Pak Camat Marah-marah - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Warga Buang Sampah Sembarangan, Pak Camat Marah-marah

Warga Buang Sampah Sembarangan, Pak Camat Marah-marah

Written By Admin Raka on Rabu, 27 Desember 2017 | 17.30.00


TELUKJAMBE BARAT, RAKA - Kalau tidak dibersihkan dari sekarang dikhawatirkan sampah yang ada saat ini akan semakin banyak. Bila sampah-sampah itu tetap dibiarkan maka akan semakin banyak orang yang buang sampah di lokasi bersangkutan. Alhasil lokasi itupun bakal menjadi Tempat Pembuangan Sampah (TPS) liar.
Hal itu yang terjadi di pinggir jalan perlintas Kecamatan Telukjambe Barat. Bahkan bahu Jalan Badami-Loji di belakang kawasan Golf Sedana, Telukjambe Barat pun menjadi pusat pembuangan sampah liar. "Saya sering mendapati yang buang sampah. Kadang malam hari dan pagi hari sekitar pukul 06.00 Wib, dan malam selepas pulang kerja, rata-rata membuang sampahnya menggunakan pelastik," ucap Sahroni (41) warga Sedana, Telukjambe Barat.
Sahroni mengatakan bahu jalan sepanjang pagar kawasan golf Sedana, dulunya bersih dari gundukan sampah sekalipun lahannya kosong dan banyak tumbuh-tumbuhan ilalang dan pohon. Namun, lokasi itu kini berubah menjadi area gundukan sampah dan tersebar di sejumlah titik. "Persoalannya kan yang merasakan imbas sampahnya bukan pihak kawasan tetapi warga yang tinggal tidak jauh dari lokasi," ucap Sahroni.
Sahroni menambahkan sampah-sampah itu bukan saja mengotori lingkungan tetapi yang paling parah baunya itu, terutama setiap usai terguyur hujan. "Kalau udaranya panas tidak masalah tetapi kalau hujan sampahnya jadi basah dan terkadang menebarkan bau tidak sedap tercium hingga pemukiman warga," jelas Sahroni.
Camat Telukjambe Barat H. Maman Suryaman saat dikonfirmasi terkait mengenai TPS-TPS liar yang ada di wilayahnya nampaknya kesal. Dia menegaskan akan menindak tegas siapapun yang membuang sampah sembarangan terutama di kawasan bahu jalan karena mengganggu estetika. "Saya tidak akan segan-segan menindak siapapun yang dengan sengaja membuang sampah sembarangan," tegas camat dengan nada tinggi.
Camat juga menegaskan, terkait persoalan sampah ini pihaknya sebetulnya sudah melakukan koordinasi dengan aparatur terkait. Bahkan secara intensif untuk mengawasi titik-titik rawan TPS liar. "Soal sampah ini saya serius menyikapi. Malah sudah dilakukan koordinasi secara intensif untuk mengawasi para pembuang sampah liar. Kami akan menindak tegas pelakunya. Kasihan warga yang terkena dampak bau dan aroma busuk sampahnya," tegas camat dengan nada kesal.
Berdasarkan pantauan Radar Karawang, untuk perlintasan jalan rawan TPS liar paling banyak di sepanjang jalan utama Badami Loji. Sampah itu sendiri dibuang masyarakat dari atas kendaraan baik motor maupun mobil. Dan itu dilakukan setiap hari terutama menjelang pagi dan tengah malam serta subuh. Sementara jenis sampah yang dibuang selain sampah rumah tangga juga limbah pelastik. Kawasan itu cukup strategis untuk pembuangan sampah. Selain luas dan ditumbuhi rumput ilalang, lahannya kosong dan gelap karena tidak dipasangi penerangan jalan umum. (yfn)



Berbagi Artikel :
 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template