Warga 2 Kampung Antisipasi Banjir - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Warga 2 Kampung Antisipasi Banjir

Warga 2 Kampung Antisipasi Banjir

Written By Admin Raka on Kamis, 21 Desember 2017 | 20.30.00

Tempat Mengungsi akan Disiapkan 

KARAWANG, RAKA - Pemerintah Kelurahan Nagasari, Kecamatan Karawang Barat mempersiapkan warganya di Kampung Bakan Asam RW 04 dan Bantar Kaum RW 05 agar siaga menghadapi banjir. Dua wilayah itu merupakan titik rawan banjir di kelurahan tersebut. 
Lurah Nagasari H. Endeng, Rabu (20/12) mengatakan itu di kantornya. Dia ditanya ancaman banjir di dua wilayahnya yang selalu kebanjiran setiap musim hujan, meski upaya antisipasi sudah dilakukan, termasuk menggiatkan warga di Kampung Bakan Asam dan Bantar Kaum itu untuk kerja bakti membersihkan saluran air dari sampah yang menumpuk. "Kampung Bakan Asam dan Bantar Kaum dekat dengan Sungai Citarum jadi rawan banjir," tandasnya.
Disinggung jumlah warga saat ini yang menempati dua kampung itu, Lurah Endeng tiddak menyebutkan secara persis jumlahnya namun dia menandaskan jumlahnya mencapai puluhan, dan jumlah itu dihitung berdasarkan jumlah rumah yang berdiri di dua kampung tersebut. "Kalau dihitung dengan jumlah angka sekitar puluhan rumah yang memungkinkan terkena dampak dari luapan sungai Citarum karena posisinya dekat sungai," ucap Endeng.
Kendati demikian Endeng menyebutkan, soal banjir langganan yang acap kali melanda dua kampung di wilayah Kelurahan Nagasari itu, bagi warganya hal itu sudah biasa. Warga sudah hapal bagaimana menyelamatkan diri dan barang-barang berharga ketika banjir datang. "Warga disana sudah tidak kaget lagi kalau ada banjir. Sudah terbiasa dan terbiasa mengungsi juga. Makanya biasa-biasa saja menghadapi ancaman banjir," katanya. 
Endeng juga menambahkan, banjir yang terjadi di Kampung Bakan Asam dan Bantar Kaum terjadi setiap tahun. Persoalan selalu sama akibat permukaan sungai meluap dan melimpas ke pemukiman. "Dari 2 RW ini ada sekitar 50 rumah yang terkena banjir, tapi mereka sudah terbiasa dengan bencana ini, soalnya setiap tahunya juga mengalaminya," katanya.
Lurah Endeng mengaku, sebagai aparatur pemerintah kelurahan, dirinya tidak akan diam melihat warganya mengalami kebanjiran. Makanya untuk megatasi itu, ada langkah-langkah yang akan dikerjakan untuk mengatasi hal tersebut. "Sebagai aparat, saya sudah melakukan langkah antisipasinya dalam megatasi hal ini, dengan akan memberikan informasi kalau akan ada banjir. Sehingga warga bisa sedini mungkin mengamankan barang-barang berharganya, selain mempersiapkan lokasi evakuasi aman bagi korban banjir," ucapnya seraya berharap untuk tahun ini wilayahnya aman dari banjir. (acu)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template