UNBK SMK 4 April - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » UNBK SMK 4 April

UNBK SMK 4 April

Written By Angga Praditya on Selasa, 05 Desember 2017 | 11.00.00

Engkos Kosim: Setelah Konsultasi Ternyata Bulan April 

CILAMAYA WETAN,  RAKA - Simpang siur jadwal Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tingkat SMK akhir Februari atau April akhirnya terjawab. Dinas Pendidikan Pemprop Jabar sudah memastikan Jadwal UNBK di Karawang berlangsung April.
Wakil Kepala Sekolah (Wakasek) Kurikulum SMK Iptek Cilamaya Ali Yunus ST disinggung perihal UNBK tersebut mengatakan memang sebelumnya sempat beredar kabar bahwa pelaksanaan UNBK akan dilaksanakan pada akhir Februari atau maju sebulan dari yang biasanya April. Namun,  kabar itu kembali ditepis setelah Dinas Pendidikan Pemprov Jawa Barat merilis jadwal UNBK akan tetap digelar 4 April, maju dua hari dibanding tahun sebelumnya pada tanggal 6. Artinya,  bagi sekolah,  kapanpun jadwal itu dirilis harus bersiap diri,  termasuk di sisa waktu beberapa bulan ini. "Memang cukup repot kalau kabar UNBK itu Februari,  tapi alhamdulillah ternyata jadwal kabarnya masih di awal April," katanya.
Kepala SMK Iptek Cilamaya,  Engkos Kosim M.si mengatakan,  pihaknya juga sempat mendengar kabar UNBK Februari sebab simulasi UNBK tahap ke 2 juga dilaksanakan Februari,  namun setelah konsultasi ternyata jadwal masih di bulan April. Tetapi hal terpenting saat ini, pihak sekolah fokus menggelar Ujian Akhir Semester (UAS) yang dilaksanakan 4 Desember ini. 
Namun ada juga sekolah yang lebih dulu menggelar UAS sejak 27 November lalu karena alasan pengisian rapor versi kurikulum 2013 memakan waktu yang cukup panjang. Kendati demikian, sebut Engkos, bagi yang pernah menggelar UAS tidak jadi persoalan karna yang terpenting adalah tepat jadwal pembagian rapornya yaitu pada tanggal 16 Desember serentak. "Kita juga sempat mendengar dimajukan sebab simulasi UNBK tahap 2 juga di Februari," ujarnya.
Sementara itu Kepala SMK Indonesia Mas, Mulyadi Rusmianto MM, mengaku sampai sampai saat ini belum menerima informasi kepastian tanggal INBK, karena Pos UN nya juga belum keluar. Sejauh ini,  pihaknya masih menunggu, karena kalau secara lisan juga dianggap belum pasti. "UNBK belum bisa dipastikan tanggalmya  POS UN nya juga belum keluar," katanya.
Perlu diinformasikan sebelumnya Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan menyampaikan sebanyak 90 persen siswa SMK di Jawa Barat telah mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) 2017 dan 2018 ini ditargetkan seluruh siswa SMK di Jabar sudah melaksanakan UNBK. Dikatakannya pelaksanaan UNBK tahun ini sedikit berbeda karena ada pemisahan UNBK SMA/MA dan SMK.
Pelaksanaan UNBK 2017 di Jawa Barat berlangsung di 1.941 sekolah dengan 233.897 siswa. Dari 27 kota/kabupaten di Jawa Barat terdapat empat daerah yang telah melaksanakan 100 persen UNBK selain Kota Cimahi dan Kabupaten Bandung juga Kabupaten Sumedang serta Sukabumi. Sementara untuk UNBK untuk jenjang SMK tahun 2017 ini pelaksanaannya minggu pertama April dan SMA sebelumnya dijadwalkan 10 - 13 April. (rud)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template