Tolong, Sungai Cilamaya Mau Meluap - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Tolong, Sungai Cilamaya Mau Meluap

Tolong, Sungai Cilamaya Mau Meluap

Written By Admin Raka on Rabu, 20 Desember 2017 | 12.15.00

CILAMAYA WETAN, RAKA - Debit air Sungai Cilamaya mulai naik. Permukaan sungai terlihat nyaris sejajar dengan jalan di Desa Cilamaya, Kecamatan Cilamaya Wetan. Bukan hanya itu, jalan berkelok tersebut juga rawan amblas.
Melihat itu, sejumlah pegawai dan kepala desa di Cilamaya, Tegalwaru, Mekarmaya dan Muara, meminta ribuan karung untuk membendung air Sungai Cilamaya yang mengancam banjir lagi.
Trantib Desa Cilamaya Wahyu mengatakan, luapan sungai Cilamaya menjadi ancaman jika tepian dan tanggul masih belum ada pemeliharaan. Contohnya di Dusun Barahan RT 006/003, di lokasi itu terjadi tanah amblas cukup dalam. "Harus segera ditangani sebelum air meluap," ujarnya kepada Radar Karawang, Selasa (19/12) kemarin.
Ia melanjutkan, Balai Besar Waduk dan Sungai (BBWS) kabarnya akan memasang bronjong untuk menahan tepian sungai. Namun sayang, itu hanya di daerah ketimpal, sementara pihaknya bersama kades berharap lokasi pemasangan bronjong di Eretan. "Inginnya sih tepat lokasinya dan cepat untuk membuat bronjong," pungkasnya.
Kades Tegalwaru Aruji Atmaja mengatakan, tanggul-tanggul selalu kritis setiap tahun, apalagi menjelang musim penghujan. Dia meminta camat agar menyampaikan persoalan itu ke BBWS. "Tolonglah pengadaaan karung saja minimalnya, soal tanah mah kita siap nyari," katanya.
Camat Cilamaya Wetan Drs H Hamdani mengatakan, pihaknya menyiapkan surat ajuan harapan sejumlah desa yang dilintasi sungai Cilamaya, utamanya untuk pembuatan tanggul manual. Namun, Dirjen SDA BBWS Bandung tertanggal 18 Desember sudah menyurati pihak kecamatan dengan nomor UM. 01.01/PPK-Opsda. III/Satker.Opsdac/2017 tentang pelaksanaan pekerjaan pemeliharaan rutin sungai Cilamaya. "Kita mau kirim surat permintaan tanggul manual itu, tapi BBWS sudah kirim surat duluan untuk pemeliharaan. Kita tunggu saja," katanya. (rud)
Berbagi Artikel :
 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template