The Jak Siap Masuk Karawang - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » The Jak Siap Masuk Karawang

The Jak Siap Masuk Karawang

Written By Admin Raka on Jumat, 29 Desember 2017 | 15.00.00

Pemda Belum Memberi Izin 'Macan Kemayoran' Ngandang di Singaperbangsa

KARAWANG, RAKA - Kabar suporter fanatik Klub Sepakbola Persija Jakarta The Jak yang akan menjadikan Stadion Singaperbangsa sebagai kandang ternyata menuai kritik petugas kebersihan stadion. Petugas itu berharap, kalaupun Pemda memberi izin agar tegas membuat perjanjian supaya pendukung klub sepak bola yang digelari 'macan kemayoran' itu ikut menjaga kebersihan sekitar stadion.
Apalagi selama ini anak-anak macan itu kerap menjadi biang kerusuhan yang mengakibatkan kerusakan. Jangan lantas karena merasa bisa merumput di stadion kebanggaan warga Karawang mereka bisa berbuat semaunya.  "Karawang bebas disinggahi orang mana-mana. Asalkan jangan semena-mena di Karawang," tandas Sodik (35) yang juga suporter fanatik Persika Karawang ini, kepada Radar Karawang, Kamis (28/12).
Masih dikatakan petugas kebersihan Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) itu, untuk itu dia berharap sebelum pemda benar-benar memutuskan memperbolehkan kandang yang juga menjadi kandangnya Persika ini dijadikan kandang macan maka pemda disarankan supaya mempertimbangkan kembali. "Stadion yang merupakan kebanggaan orang Karawang haruslah tetap menjadi kebanggaan orang karawang. Jangan sampai karena macan pun ikut mengandang kebanggaan yang selama ini dibangga-banggakan warga karawang jadi memudar," tegas Sodik lagi.
Secara pribadi, Sodik sendiri terbuka untuk orang luar Karawang. Artinya, siapapun boleh termasuk menggunakan Stadion Singaperbangsa, tetapi siapapun orang atau golongannya tetap harus santun dan menjaga etika dan budaya masyarakat setempat. "The Jak ini pengaruhnya amat kuat. Berdasarkan pengalaman hampir selalu kehadiran suporter ini membawa dampak perpecahan dikalangan supoter yang lain," ucapnya.
Kendati demikian Sodik termasuk objektif. Dia sadar, betapapun The Jak nantinya akan menjadi bagian Stadion Singaperbangsa. Itu berarti Persija Jakarta pun akan menjadi bagian dari warga Karawang. Karena itu patut untuk didukung. "Siapapun klubnya yang bermain di stadion kebanggaan orang Karawang, dipersilahkan untuk mendukung. Namun jangan sampai dukungan untuk Persika berkurang," ucapnya dan menambahkan dirinya bangga Persika Karawang kembali terbangun setelah lama tertidur.
Untuk itu, Sodik kembali mengingatkan agar pemerintah terutama bagian pengamanan, kalaupun proses pengandangan macan kemayoran di Stadion Singaperbangsa tidak bisa terhindarkan tetap harus dibarengi dengan kesepakatan-kesepakatan untuk sama-sama menjaga keutuhan dan kebersihan stadion. "Yang namanya suporter bola itu terkadang tidak bisa dihalangi. Kalau sudah rusuh akan berlanjut, jangan sampai ada kejadian yang dapat merugikan apalagi ada korban," tegasnya.
Hal senada diungkapkan warga sekitar stadion yang juga menjadi petugas kebersihan disana, Umi (43). Buat dia, tidak masalah Stadion Singaperbangsa juga menjadi kandangnya macan asalkan jangan membuat rusuh. "Anak-anak macan itu harus bisa menjaga sikap dan mesti mau berbaur dengan budaya warga Karawang," ucap Umi dan mengaku selama ini imej yang dihadirkan suporter Persija itu selalu buruk.
Selain itu, Umi sependapat, apapun nama Klubnya kalau sudah mengandang di Stadion Singaperbangsa akan menjadi bagian Karawang. Karena itu juga akan menjadi bagian dari dunia persepakbolaan Karawang. "Hal paling diperhatikan adalah jaga kondusifitas terutama masalah kebersihan. Mari sama-sama merawat stadion agar tetap menjadi kebanggaan warga Karawang," pungkasnya. (apk)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template