Susur Sungai Ciherang Pacu Adrenalin - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Susur Sungai Ciherang Pacu Adrenalin

Susur Sungai Ciherang Pacu Adrenalin

Written By Admin Raka on Jumat, 22 Desember 2017 | 14.30.00

PURWAKARTA,RAKA- Banyak Wisata di Kabupaten Purwakarta, selain sebagai sumber pengairan di wilayah pedesan, sungai juga memiliki potensi yang amat besar di mata penantang olahraga ekstrem. Sebut saja olahraga susur sungai atau yang biasa disebut dengan arum jeram. Berbeda dengan arum jeram yang menunggunakan perahu karet, sensasi olahraga hiburan yang lebih menantang di Kampung Tanjaknangsi, Desa Raharja, Kecamatan Wanayasa, Kabupaten Purwakarta.
Di tempat tersebut, sebuah kelompok anak muda yang tergabung dalam organisasi karang taruna menawarkan sensasi susur sungai mengunakan ban dalam karet atau yang disebut dengan river tubing lewat pengelolaan wisata yang mereka sebut dengan Ngaprak River Adventure. Tidak main-main, pengunjung akan diajak menelusuri sungai Ciherang sepanjang 5 kilometer dengan waktu tempuh selama 3 jam. "Ya kami menyediakan sensasi arum jeram menggunakan ban atau river tubing," ungkap pengelola Ngaoprak River Tubing Reki Ramdan Permadi (24), kepada Radar Karawang beberapa waktu lalu.
Memulai petualangan yang terbilang memacu adrenalin ini, pengunjung akan mulai meluncur menggunakan ban karet di titik start aliran sungai di sekitar area base camp Ngaprak River Adventure. "Sebelum memulai river tubing, saya dan sejumlah pengunjung dari Karawang berjumlah 29 orang diwajibkan memakai alat pelindung diri seperti life jacket dan helm. Untuk decker belum tersedia, jadi kalau Anda punya sendiri, silahkan dibawa. Alat pelindung diri sangat penting digunakan mengingat arus sungai Ciherang yang deras ditambah terjalnya lintasan sungai yang dihalangi bebatuan dengan ukuran kecil, sedang dan besar," papar dia.
Setelah memakai alat pelindung, lanjut dia, pengunjung diwajibkan mempelajari secara singkat tutorial mengenai teknik river tubing yang disampaikan oleh sejumlah guide. Perlu diperhatikan, karena river tubing adalah olahraga arum jeram individual dimana masing-masing pengunjung menggunakan satu ban, kemampuan untuk mengendalikan ban secara individu harus mampu dikuasai. "River Tubing ini salah satu olahraga ekstrim jadi faktor safety harus diutamakan. Para pengunjung juga wajib diberikan tutorial dalam river tubing ini," kata salah seorang guide bernama Adi (24).
Untuk biaya, masing-masing pengunjung hanya perlu membayar biaya sebesar Rp 120 ribu termasuk biaya makan dan dokumentasi serta angkutan mobil yang akan mengantarkan mereka kembali ke bascamp tempat titik start. Bagi pengunjung yang usai river tubing masih ingin menikmati sejuknya alam Wanayasa mereka bisa bermalam di rumah-rumah warga yang menyediakan penginapan dengan harga bervariasi dari 150 ribu-300 ribu rupiah. (gan)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template