Struktural UPTD Pendidikan Tunggu Regulasi Daerah - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Struktural UPTD Pendidikan Tunggu Regulasi Daerah

Struktural UPTD Pendidikan Tunggu Regulasi Daerah

Written By Admin Raka on Kamis, 14 Desember 2017 | 18.30.00

TELAGASARI,  RAKA - Penghapusan Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Pendidikan masih menunggu regulasi daerah, apakah implementasinya dalam bentuk Peraturan Daerah (Perda) atau Peraturan Bupati (Perbup).
Hal itu dikatakan Pelaksana tugas (Plt) Kepala UPTD Pendidikan Kecamatan Telagasari, Agus Wahyudi, kemarin. "Memang, masih belum ada kepastian, namun sudah berseliweran kabar digesernya struktural oleh Fungsional dengan nama koordinator wilayah," ucapnya.
Karena itu, lanjut Agus, sifatnya juga tidak instan begitu saja bisa dilaksanakan saklek ditahun 2018 awal. Sebab, payung hukum turunannya juga harus ada seperti Perda dan Perbup sebagai teknis dibentuknya koorwil dan penempatannya nanti. Belum lagi distribusi kesejahteraan ASN pendidikan kedepannya, itu juga perlu dicermati. "Kalau surat sudah ada kepastian UPTD dihapus. Kita tinggal menunggu regulasi daerah saja sebagai payung hukumnya, itu prosesnya mungkin tidak singkat juga," ucapnya.
Agus menambahkan, menggawangi ratusan guru dan kepala Sekokah, UPTD selama ini cukup mumpuni mengurusi segala bentuk administrasi. Mulai distribusi guru, distribusi Kepsek, pelaporan Operasional sekolah, hingga rekomendasi lainnya. Ia belum bisa membayangkan, peralihan ini ditempati sejumlah ASN di luar kapasitas pendidikan. 
Ketiadaan Kepala UPTD, masih bisa dihandel Kasubag TU sebagai jantungnya, namun jika nanti ada istilah Koorwil, apakah semulus dan serapi selama ada UPTD atau tidak.  Jawabannya sebut Agus, tergantung teknis dan regulasi yang mengaturnya, termasuk soal profesionalisme penempatan pejabat yang mengisinya. "Bagi kami tidak jadi soal beralih atau tidak, hanya yang saya khawatirkan ASN di luar penguasaan administrasi pendidikan dijadikan pengisi jabatan strategis," ungkapnya. (rud)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template