Stok Pupuk Belum Aman - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Stok Pupuk Belum Aman

Stok Pupuk Belum Aman

Written By Admin Raka on Rabu, 20 Desember 2017 | 20.00.00

CILAMAYA WETAN,  RAKA - Memasuki masa tanam dan pengolahan tanah di beberapa desa di Kecamatan Cilamaya Wetan, ketersediaan pupuk bersubsidi dijamin pihak UPTD Pertanian aman sampai akhir Desember ini. Bahkan, mengantisipasi tanam dua kali akibat ancaman banjir 300 ton pupuk kembali disuplai.
Kepala UPTD Pertanian Kecamatan Cilamaya Wetan Ahmad mengatakan itu disela Minggon Kecamatan, Selasa (19/12). Selain sudah sesuai Rencana Detil Kebutuhan Kelompok (RDKK) ajuan pupuk sebanyak 2.649 ton sudah siap terdistribusi ke para petani. Bahkan mengantisipasi ancaman banjir, pihaknya mengajukan tambahan 300 ton pupuk untuk memenuhi kebutuhan petani. Hasilnya, pihak distributor mengabulkan sehingga saat ini ketersediaan pupuk mencapai 2,9 ribu ton untuk Cilamaya Wetan. Dengan demikian, diharapkan ketersediaan itu tidak lagi langka seperti tahun sebelumnya. "Kita dapat tambahan stok pupuk 300 ton, cukup sampai akhir Desember ini," katanya.
Ahmad menambahkan, sekarang ini lokasi sawah yang sudah mulai tanam sudah lebih dari 30 persen di Cilamaya wetan. Masing-masing du Desa Tegalsari, Tegalwaru, Cikalong dan Cikarang. Namun khusus di golongan air hilir, kemungkinan baru bisa tanam sekitar Januari-Februari karena ancaman banjir masih mengintai. Kkarenanya, ia harapkan pupuk yang sudah tersedia juga bisa aman sampai nanti Februari.
Kendati demikian, Ahmad mengatakan itu bisa terjadi jika tidak ada kios dan agen nakal yang menimbun pupuk beraubsidi untuk meraup keuntungan, sebab kelangkaan pupuk terjadi juga di Cilamaya Wetan perbatasan dengan Subang. Sehingga ada beberapa petani Blanakan yang membeli pupuk di wilayah Cilamaya yang sebenarnya dilarang. "Beberapa desa mungkin tanamnya sekitar Januari - Februari nanti, karena ancaman banjir masij mengintai," katanya.
Kapolsek Cilamaya Kompol Dadang Gunawan SH mengatakan kelangkaan pupuk tidak boleh terjadi lagi di Cilamaya, apalagi yang jadi penyebabnya adalah penimbunan yang dilakukan oknum pengelola Kios dan agen. Itu, yang akan dicari dan menjadi sasaran kepolisian jika ada oknum berprilaku curang sehingga ketersediaan pupuk berkurang atau bahkan langka. 
Menurut informasi sudah jelas bahwa ketersediaan pupuk aman dari pemerintah. Karenanya, jika ada oknum kios nakal maupun agen distributor pupuk yang nakal, segera lapor kepada pihak kepolisian, karena keberdaaan pupuk menyangkut hajat hidup masyarakat tani. Bahkan, untuk memastikan ketersediaan pupuk, pihaknya siap undang bersama 25 Kios yang ada di Cilamaya Wetan dengan di fasilitasi UPTD Pertanian, agar bisa menyalurkan distribusi pupuk ini sesuai porsinya. "Pupuk dari Pemerintah dijamin sudah aman,  tapi kalau sampai langka akibat penimbunan,  kita siap tindak," tandasnya. (rud)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template