SMPN 1 Maniis Terhebat - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » SMPN 1 Maniis Terhebat

SMPN 1 Maniis Terhebat

Written By Angga Praditya on Jumat, 01 Desember 2017 | 13.00.00

MANIIS, RAKA- Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 1 Maniis memiliki motto Terhebat yaitu Tertib, Hijau dan bersahabat. Tertib warganya, hijau alamnya, bersahabat warganya. Motto ini dijadikan motivasi pihak sekolah dalam mengembangkan pendidikan dan mencegah siswanya terlibat tawuran.
Kepala SMPN 1 Maniis Nuriskandar mengatakan, Terhebat bisa diartikan paling hebat, paling unggul, yang selalu berhubungan dengan nilai kebaikan. "Semoga hal tersebut menjadi sprit bagi semua warga sekolah untuk menuangkan ide dan gagasan dalam mencerdaskan anak bangsa," ungkapnya, kepada Radar Karawang, Rabu (29/11).
Dia mengatakan, dengan modal luas tanah 11.290 meter, sekolah ini memliki visi religius, berbudaya, cerdas, terampil, dan berwawasan lingkungan. "Dari visi tersebut diharapkan sekolah menjadi tempat berekplorasi tentang nilai ketuhanan dan kebaikan. Selalu menghormati adat istiadat serta bangga terhadap budayanya. Mempuni dalam ilmu pengetahuan dan teknologi, serta mencintai alam dan lingkungannya," ujarnya.
Nuriskandar juga menjelaskan, Untuk mewujudkan visi sekolah, maka tim pengembang sekolah bekerja sama dengan semua lapisan terkait sekolah, merumuskan misi yang harus diemban. "Seiring dengan program Bupati Purwakarta Pak Dedi Mulyadi, tentang 7 Poe Atikan Purwakarta Istimewa, Senen Mapag Buana, Selasa Ajeg Nusantara, Rebo Maneuh di Sunda, Kemis Nyanding Wawangi, Jumat Nyucikeun Diri, Sabtu dan Minggu Betah di Imah," imbuhnya.
Tak hanya itu, lanjut dia, Semua warga sekolah SMPN 1 Maniis pun khususnya anak didik menjadi terinspirasi untuk selalu melek informasi, selalu melestarikan budayanya dan bergaya hidup sehat. "Dengan cara membiasakan bangun pagi, kebiasaan jalan pagi, tidak jajan di sekolah, diharuskan membawa bekal makanan dari rumah, membantu orang tua, menabung, beternak,bercocok tanam, menyulam bagi putri, larangan membawa sepeda motor bagi siswa yang belum cukup umur,dll. Semua ini merupakan proses untuk memperoleh isi yang baik,  jiwa yang baik, badannya juga baik," papar.
SMPN 1 Maniis, kata dia, sudah menjalankan program pendidikan karakter Tujuh Poe Atikan Purwakarta Istrimewa. "Prakteknya program tersebut seperti pembiasaan salat Duha dan Duhur bersama-sama, setiap kelas melaksanakan kuliah Duha secara bergilir, melaksanakan program bersih lingkungan, melaksanakan program senam bersama, mengadakan perlombaan setiap hari besar keagaman dan hari besar nasional, dan mengadakan pengembangan diri dalam eskul PMR, Pramuka, UKS, seni tari, angklung, sepak bola, bola voli, paskibra, futsal, dan pencak silat," jelasnya.
Lebih lanjut dia mengatakan, adapun prestasi yang telah diraih di tahun 2017 antara lain kejuaraan bola voli putra dan putri di SMA Pasundan Cikalong Kulon. Diajang ini memperoleh juara II putra, dan memperoleh juara I putri. "Untuk lomba lainnya yaitu, kejuaraan bola voli MA Al Mutalimin Cup, memperoleh juara III putra, dan memperoleh juara I putri, kejuaraan bola voli Farmassi Cup di Purwakarta, putra memperoleh juara 3, lomba paskibra memperoleh juara mula satu, lomba paskibra (LPBB Sri Baduga Maharaja) di SMK Prabu Sakti memperoleh juara mula dua, lomba LPBB TK SMP/MTs se-bumi Jawa di MAN Purwakarta memperoleh juara madya dua, lomba futsal SMK  Maniis Cup se-Kabupaten Purwakarta memperoleh juara dua, lomba menulis drama diajang Festival Literasi Purbasari memperoleh juara kedua atas nama Putri Variza Aulia," ujarnya.(cr2)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template