SMPN 1 Lemahabang Bersolek - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » SMPN 1 Lemahabang Bersolek

SMPN 1 Lemahabang Bersolek

Written By Mang Raka on Rabu, 13 Desember 2017 | 15.30.00

LEMAHABANG WADAS, RAKA - Sebagai satu dari 21 SMP sekarawang yang di plot menjadi Sekolah Adiwiyata, SMPN 1 Lemahabang semakin mempercantik diri. Salah satunya dengan membuat taman di sepanjang 50 meter Ruang Terbuka Hijau (RTH) di depan kelas. Beragam jenis tanaman buah dan pohon rindang ditanam di depan kelas untuk membuat kondisi pembelajaran semakin nyaman.
Kepala SMPN 1 Lemahabang Samsudi mengatakan, sekolahnya ditunjuk sebagai sekolah Adiwiyata bersama 21 SMP lainnya. Namun, meskipun tidak dapat juara, penghijauan sekolah dengan membuat taman sudah direncanakan jauh-jauh hari dengan atau tanpa lomba sekalipun. Bahkan, ditengah anggaran yang minim, Samsudi tetap memfasilitasi infrastruktur penyangganya agar halaman depan kelas nampak cantik, apalagi sebelumnya, halaman yang rata ini selalu menjadi tempat lalulalang kendaraan kantin sekolah, tapi sekarang semuanya tertib dan dirapikan. 
Bukan saja siswa yang mengisi pot dan tanaman jenis buah, pohon rindang dan bunga disepanjang sarana 50 meteran itu tetapi guru-guru juga ikut dilibatkan dan senang bisa mempersolek sekolah. "Memang dalam Adiwiyata ada program ruang terbuka hijau, tapi jauh sebelum program itu kita sudah merencanakan untuk mempercantik sekolah ini," ungkapnya. 
Mantan Kepsek SMPN 2 Tempuran ini menambahkan, dengan membuka ruang terbuka hijau, ia yakin anak akan semakin betah di sekolah karena dengan banyak tanaman dan bunga,  bisa menciptakan suasana sekolah asri, indah dan rapi. Situasi belajar yang panas dan gersang membuat psikologi siswa jadi negatif. Berbeda jika banyak tanaman, psikologi dan kejiwaan anak itu akan semakin adem, tenang dan nyaman. "Siswa kita itu lebih dari seribu orang, kalau sekolahnya gersang membuat anak jadi tidak nyaman belajar," ujarnya.
Jikapun adiwiyata kembali diadakan ditahun depan sambung Samsudi, beragam varian program yang mendukung Adiwiyata sudah ada dan tersedia, tinggal saat ini sambungnya,  anak-anak dan guru bisa saling menjaga dan merawat apa yang sudah ditanam. Karena dengan tanaman semua pelajaran akan dirasa tenang dan adem. "Kalau tahun depan adalagi Adiwiyata kita siap-siap saja," pungkasnya. (rud)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template