Siskeudes Lamban Diterapkan - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Siskeudes Lamban Diterapkan

Siskeudes Lamban Diterapkan

Written By Admin Raka on Selasa, 26 Desember 2017 | 19.00.00

LEMAHABANG WADAS,  RAKA - Ultimatum Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) soal penerapan Sistem Keuangan Desa (Siskeudes) masih lamban diberlakukan di Karawang. Bahkan,  pengajuan Dana Bagi Hasil (DBH) pajak dan retribusi daerah yang harusnya sudah menggunakan sistem aplikasi tersebut, masih memilih manual karena alasan teknis.
Sekretaris Desa Karyamukti, Ardi Jaenudin mengatakan Siskudes sebenarnya sudah ada pelatihannya bahkan penguasaan para Sekdes diakuinya sudah cukup mumpuni. Seharusnya dalam ajuan DBH tahun ini, penerapam Siskudes ini sudah mulai diterapkan, namun lagi-lagi harus manual karena alasan teknis belum diterapkan serentak. "Halarusnya dalam DBH ajuannya sudah diterapkan tahun ini, tapi ya karena belum serempak kita manual lagi," katanya.
Ardi menambahkan, manfaat dari diterapkannya siskudes ini nanti adalah RAB sudah otomatis, begitupun satuan harga sudah ada dan formatnya sudah tidak ribet, sehingga mampu meminimalisir kesalahan. Karenanya, jikapun tidak diterapkan tahun ini, ia yakin Siskudes akan diterapkan mulai di APBDes tahun depan dimana pemasukan dan pengeluarannya sudah otomatis. Sehingga terhitung maret, segala bentuk ajuan ADD, Bangub dan lainnya sudah diterapkan. "Manfaatnya bagus sih buat pemasukan dan pengeluaran anggaran lebih fleksibel dan terbuka," katanya.
Lebih jauh Ardi menambahkan, penguasaan dan pematangan Siskudes ini sedikit banyak sudah diserap semua Sekdes di Lemahabang, tinggal penerapannya saja yang diharapkannya bisa semakin cepat. Betapapun, pasword masih internal pemerintah desa masing-masing, namun unsur transparansi, format dan anjuran dari KPK setidaknya sudah bisa dilaksanakan optimal. "Pelatihan sudah dan pemahamannya pun optimal tinggal menunggu arahan," ucapnya. (rud)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template