Sikat Perusuh Natan dan Tahun Baru - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Sikat Perusuh Natan dan Tahun Baru

Sikat Perusuh Natan dan Tahun Baru

Written By Admin Raka on Sabtu, 23 Desember 2017 | 19.00.00

Camat: Silahkan Arak-arakan Kalau Ada Izin Polisi

CILAMAYA WETAN, RAKA - Sikat oknum-oknum perusuh yang membuat gaduh natal dan malam tahun baru. Sementara anak-anak muda dilarang melakukan konvoi dan arak-arakan kendaraan bermotor karena dinilai bisa memicu kerusuhan.
Pernyataan itu ditegaskan Camat Cilamaya Wetan H. Hamdani, Jumat (22/12). Dia memerintahkan semua kepala desa melalui trantib menjaga kondusifitas wilayah masing-masing menyambut pergantian tahun. "Semua kepala desa wajib siaga di wilayah masing-masing. Jangan ada konvoi kendaraan di jalan raya yang bertujuan hura-hura untuk mengungkapkan perasaan menyambut pergantian tahun," tegas camat Hamdani.
Tidak hanya itu, Camat Hamdani juga mengingatkan warganya agar menjaga toleransi beragama dan menghormati agama lain yang sedang melaksanakan ibadahnya. Tidak hanya itu camat juga mengingatkan para pengedar dan penjual miras agar menghentikan aktifitasnya mengedarkan barang haram itu. Untuk itu, camat juga meminta trantib dan aparat kepolisian supaya mengamankan wilayahnya dari barang-barang haram tersebut. "Sikat saja penjual mirasnya karena berpotensi memicu kerusuhan pergantian tahun," tandasnya.
Dikatakan camat volume miras menjelang pergantian tahun baru diprediksi meningkat. Untuk itu, perlu tindakan tegas menyisir barang haram yang akan membuat gaduh. Karena itu cama berharap upaya pengamanan itu segera ditindaklanjuti secepatnya. "Volume peredaran miras cenderung menjelang natal dan tahun  baru. Karena itu harus segera disikapi," ucap camat.
Di Kecamatan Cilamaya Wetan ini, jelas camat, ada dua gereja aktif dan kemungkinan ada malam kebaktian dan natalan jemaah Katholik. Meskipun sebagiannya ke Cikampek,  ia berharap agar masyarakat Cilamaya yang muslim menjaga toleransi dan sama-sama menghormati kegiatannya.  Camat menjamin, Natal dan Tahun Baru diupayakannya aman di Cilamaya,  termasuk menghindari arak-arakan negatif di pergantian tahun, khususnya di wilayah desa rawan perlintasan seperti Cikarang, Cikalong, Tegalsari dan Tegalwaru. "Silahkan arak-arakan kalau ada izin dari pihak kepolisian. Kalau tidak berizin sikat saja," ungkapnya.
Sementara Kapolsek Cilamaya Kompol Dadang Gunawan SH mengatakan, semua umat muslim di Cilamaya dimintanya untuk saling menghormati, terutama terhadap jemaat minoritas yang akan melaksanakan hari raya natal di Cilamaya Wetan. "Ada dua gereja yang aktif dan hendak digunakan jemaat untuk natalan, yaitu di Desa Mekarmaya dan Desa Cilamaya," ucap Kapolsek Dadang.
Karenanya, tambah kapolsek, kondusifitas selama peribadatan berlangsung diharapkannya sebagai bagian dari tenggang rasa dan toleransi antar umat beragama di Cilamaya.  Oleh karena Selama natal dan tahun baru ini statusnya libur panjang. "Kerawanan lalulintas dan kriminalitas berpeluang terjadi. Untuk itu semua pihak agar sama-sama menjaga keamanan di wilayahnya masing-masing," tandasnya. (rud)
Berbagi Artikel :
 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template