Siap Sambut Banjir - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Siap Sambut Banjir

Siap Sambut Banjir

Written By Admin Raka on Kamis, 21 Desember 2017 | 17.30.00

Warga Karangligar Antisipasi Sungai Cibeet Meluap

TELUKJAMBE BARAT, RAKA - Hujan deras yang mengguyur Kecamatan Tegalwaru sejak beberapa hari terakhir mengakibatkan sungai Cibeet dan Cigeuntis meluap. Karena itu masyarakat diminta untuk siaga mewasdai datangnya banjir.
Petugas Penjaga Pintu Air Bendungan Cibeet Alan (33), Rabu (20/12) ditanya kondisi terakhir permukaan Sungai Cibeet mengatakan naiknya debet air sungai itu akibat diguyur hujan hujan deras semalaman. Sehingga membuat sejumlah sungai besar seperti Sungai Cibeet dan Cigeuntis mengalami peninggian intensitas volume air.
Untuk Waspadai hal itu, sejumlah wilayah di Kecamatan Telukjambe Barat, terutama Desa Karangligar diminta waspada banjir kiriman. "Air sungai mengalami kenaikan debitnya tadi pagi sekitar pukul 06.10 WIB. Volume tingkat kedatangan air mencapai 100 hingga 200 kubik per menit," ucap Alan.
Sejauh ini, ungkap Alan kondisi bendungan masih aman. Akan tetapi waspada memang perlu di sikapi oleh masyarakat di wilayah yang sering terdampak banjir. Terlebih, kini pintu bendungan sudah dilakukan renovasi sehingga keamanan cukup terjamin.
Menyikapi persoalan tersebut warga Pangasinan, Empud (47) mengatakan jika menghadapi hujan dengan waktu lama ditambah intensitas hujan deras membuat warga resah. Akan tetapi dirinya mengungkapkan jika sungai di beberapa titik khususnya di wilayah Desa Purwadana dan Sukamakmur telah dilakukan perbaikan dengan cara pelebaran juga pengerukan. "Memang sudah seharusnya, sungai tersier Pangasinan minimal dilakukan pengerukan, meski sampai saat ini belum ada rencana ke arah sana dan entah kapan, namun yang jelas masyarakat sering menjadi korban, terutama di wilayah Dusun Pangasinan dan Dusun Kampek," jelasnya.
Ditempat terpisah, ketika di konfirmasi terkait hujan yang mengguyur wilayah dataran atas selatan Karawang, Camat Telukjambe Barat, H. Maman suryaman. Mengakui sudah berkoordinasi dengan semua pihak agar bisa terhindar dari resiko tersebut. "Saya sudah berkoordinasi dengan semua elemen dan pencegahan juga penanggulangan kami juga sudah berkoordinasi dengan kepala desa Karangligar, sejauh ini semua sudah siap dan saya berharap banjir tidak terjadi," tutupnya. (yfn)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template