Sepekan Harga Sembako Naik - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Sepekan Harga Sembako Naik

Sepekan Harga Sembako Naik

Written By Angga Praditya on Kamis, 14 Desember 2017 | 14.00.00

Satgas Pangan Sidak Pasar Tradisional

PURWAKARTA,RAKA- Guna memastikan ketersediaan pangan menjelang natal dan tahun baru 2018 tetap aman, tim Satgas Pangan Kabupaten Purwakarta menggelar sidak ke sejumlah pasar tradisional di Purwakarta, Rabu (13/12).
Satgas yang melibatkan institusi kepolisian, dinas perdagangan dinas pertanian serta dinas peternakan, dalam rangka pengendalian harga di pasar menjelang natal dan tahun baru 2018 terhadap sembilan bahan pokok penting. Sementara dari hasli sidak tersebut, sejumlah bahan pokok penting diketahui telah mengalami kenaikan harga sejak satu pekan lalu antara Rp1.000-Rp6.000. "Meski natal dan tahun baru 2018 masih ada waktu lebih dari sepekan, namun sejumlah komoditas bahan pokok di pasar tradisional Purwakarta telah mengalami kenaikan harga antara Rp 1.000 hingga Rp 6.000 dan ini sudah berlangsung sejak pekan lalu. Saat ini harga tertinggi terjadi pada telur ayam dengan kenaikan harga mencapai Rp 6.000 per kilogram," ujar Ketua Satgas Pangan Kabupaten Purwakarta, AKBP Dedy Tabrani.
Menurutnya, ada sejumlah kebutuhan pokok yang naik menjelang natal dan tahun baru di pasar tradisional Leuwi Panjang, diantaranya beras naik Rp 1.000 dari kualitas premium hingga kualitas terendah. Telur dari semula Rp 20.000 per kilogram saat ini menjadi Rp 26.000 per kilogram, sementara daging ayam potong naik Rp 2.000 per kilogram. Kenaikan sejumlah komoditas ini, selain pasokan berkurang juga adanya peningkatan permintaan dari konsumen antara 10-15% menjelang natal dan tahun baru sehingga memicu kenaikan harga. "Secara keseluruhan meskipun ada pengurangan pasokan sejumlah komoditas, namun secara keseluruhan ketersediaan pangan dan harga kebutuhan bahan pokok penting di Purwakarta masih dalam keadaan stabil," kata Dedy.
Di tempat yang sama, Kepala Bidang Perdagangan Dinas Perdagangan Koprasi UMKM Perindustrian Perdagangan Kabupaten Purwakarta Gita Gusrianita, mengatakan, jika sejumlah harga bahan kebutuhan penting di Purwakarta masih relatif stabil, karena ada regulasi dari pemerintah pusat yang telah menetapkan harga eceran tertinggi (HET). "Untuk beras di pasar tradisional Purwakarta selain telah mengalami kenaikan harga dan stoknya berkurang, hal itu diakibatkan oleh faktor alam, karena beras Purwakarta di pasok dari luar daerah dengan transfortasi arus distribusinya telah terganggu akibat banjir serta masa panen belum saatnya, sehingga beras naik dan stok berkurang, namun secara keseluruhan untuk beras tidak ada kelangkaan, hanya stok dipasaran telah berkurang sekitar 50%," ungkap Rita.(gan)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template