Satgas Citarum Sisir Sungai Citarum - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Satgas Citarum Sisir Sungai Citarum

Satgas Citarum Sisir Sungai Citarum

Written By Angga Praditya on Jumat, 08 Desember 2017 | 13.30.00

Pencemar Sungai akan Langsung Ditindak

KLARI, RAKA - Indah, tertib, aman dan bersih (Interasih) merupakan semboyan dari Kabupaten Karawang. Salah satu yang paling terlihat tidak bersih adalah kondisi sungai citarum yang melintasi Kota Pangkal Perjuangan. Merasa khawatir dengan kondisi sungai citarum yang terlihat kotor baik akibat sampah atau limbah industri maupun sampah rumah tangga, tim satgas citarum harum bestari melakukan bersih-bersih dengan start dari Bendungan Walahar hingga Tanjungtpura, Kamis (7/12).
Dengan menggunakan empat buah perahu karet, Perwakilan Kodam Siliwangi Kolonel Utoh Junaedi serta Dandim 0604 Karawang Letkol Arm Ayi Yosa dan Kasat sabhara Polres Karawang AKP Bambang Sumitro, sementara sejumlah Ketua RT serta Kepala Desa dan Kepala Dusun melepas pemberangkatan tim tersebut.
Kapolsek Klari Kompol H.Relisman Nasution mengatakan, pemberangkatan tim satgas tersebut merupakan salah satu bentuk kepedulian masyarakat, TNI dan Polisi terhadap lingkungan di sepanjang sungai citarum. Terlebih kata dia, dengan menggalakan pencegahan pembuangan sampah ke sungai citarum. "Hari ini kita sudah melakukan pengawasan terhadap mereka yang membuang sampah ke sungai citarum," ucapnya.
Pengawasan tersebut nantinya kata dia, akan terus dilakukan setiap hari untuk menjaga sungai citarum dari pengerusak lingkungan atau oknum yang tidak bertanggungjawab. Sebab kali ini, siapa saja yang nampak terlihat membuang sampah akan langsung dikenkan hukuman pidana. "Tim satgas sudah kita bentuk dan pengawasanpun sudah mulai dilakukan, hati-hati saja nanti bagi yang buang sampah semabarang ke sungai citarum," tegasnya.
Sementara Kolonel Utoh Junaedi menegaskan, bagi siapa saja apakah perusahaan atau pun masyarakat, kalau didapati membuang sampah semabarangan ke sungai citarum akan dikenakan sanksi hukuman pidana. Maka jangan sekali-kali kata dia bisa membuang sampah seenaknya, justru sebagai masyarakat dan mausia yang tinggal di bumi harus bisa menjaga lingkungan agar bisa bersahabat dengan alam. "Gimana tidak tercemar banyak penyakit dan banjir, kalau kita sendiri tidak sadar akan kebersihan lingkungan, mulai sekarang jangan lagi buang sampah ke sungai citarum," tegasnya.
Salah satu Ketua RT di Desa Walahar, RT03/01, Tito mengaku akan selalu mendukung apa yang dilakukan oleh kepolisian dan TNI yang tergabung dalam tim satgas sungai citarum. "Kita juga sebagai masyarakat akan terus melakukan himbauan kepada masyarakat lainnya yang berada di lingkungan untuk tidak buang sampah sembarangan dan mengajak masyarakat untuk lebih peduli terhadap lingkungan," ungkapnya.(yna)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template