Sampah Samping Pasar Kosambi tak Terurus - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Sampah Samping Pasar Kosambi tak Terurus

Sampah Samping Pasar Kosambi tak Terurus

Written By Admin Raka on Rabu, 20 Desember 2017 | 14.30.00

Kesadaran Masyarakat Masih Rendah

KLARI, RAKA - Kesadaran masyarakat dalam menjaga kebersihan lingkungan tergolong masih rendah. Tengok saja jalan samping Pasar Kosambi beberapa akhir ini, meski sudah diperingati dengan sepanduk larangan buang sampah namun tetap saja masih banyak masyarakat yang membuang sampah ke lokasi tersebut.
Meliani Saputri, salah satu penjaga toko seluler di lokasi dekat pembuangan sampah tersebut mengaku sering melihat warga yang membawa plastik sampah dan membuangnya ke lokasi tersebut. Padahal kata dia, sudah jelas tertera ada larangan membuang sampah di tempat tersebut. Namun tetap saja masih ada masyarakat yang masih melakukannya. "Biasanya pagi sama sore, ada aja buang sampahnya pake motor berdua yang satu bawa motor yang satu lagi bawa sampahnya," terangnya.
Parahnya kata dia, rendahnya kesadaran masyarakat dalam menjaga kebersihan lingkungan, tidak ada sama sekali petugas kebersihan yang mengambil tumpukan sampah tersebut. Bahayanya bagi dia, jika terus dibiarkan tanpa adanya penanganan akan menimbulkan bahaya penyakit bagi masyarakat setempat. "Dibiarin numpuk aja terus, nggak ada yang ngambil sampahnya," jelasnya.
Kajadian tersebut juga menarik perhatian masyarakat lainnya, seperti yang disampaikan Ketua Forum Remaja Islam (For Is), Fauzan Kurniawan, dia menilai bahwa selain kesadaran masyarakat yang minim akan menjaga kebersihan lingkungan untuk kesehtannya sendiri, sejumlah petugas kebersihan yang memang bertugas dalam menjalakan kewajibannya juga masih belum bisa berjalan dengan baik. Butuh kesadran dari setiap masyarakat dalam melakukan perubahan ke arah yang lebih baik, minimal mereka tahu akan dampak bahaya yang mereka lakukan dikemudian hari ketika membuang sampah sembarangan. "Kalau mereka memang pada cuek nanti kita sendiri yang akan melakukan kegiatan bersih-bersih lingkungan, kita akan berikan contoh buat mereka nanti," tuturnya.
Sementara salah satu anggota satpol PP Kecamatan Klari, Engkos mengatakan, akan segera melakukan penertiban dan melakukan pengcekan ke lokasi pembuangan sampah agar tidak ada lagi masyarakat yang membuang sampah sembarangan. Jika perlu kata dia, ketika salah satu masyarakat melihat warga yang mebuang sampah ke lokasi tersebut diminta untuk didokumentasikan untuk mempermudah penidakan selanjutannya nanti. "Mungkin kalau peringatan saja belum bisa membuat masyarakat takut, nanti akan kita tertibkan kembali," tuturnya.(yna)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template