Sambang Desa Diserbu Wajib KTP El Pemula - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Sambang Desa Diserbu Wajib KTP El Pemula

Sambang Desa Diserbu Wajib KTP El Pemula

Written By Admin Raka on Kamis, 21 Desember 2017 | 15.00.00

LEMAHABANG WADAS,  RAKA - Momentum liburan sekolah ternyata membawa berkah bagi pemerintah desa di kantor-kantor desa untuk menyerap wajib KTP Elektronik di wilayah masing-masing. Hal itu terlihat dari tingginya pemohon setiap kali berlangsung program sambang desa yang dilakukan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) ke wilayah desa.   
Seperti dituturkan siswa SMA Lemahabang Dede Jaenudin, usianya sudah 17 tahun tetapi memang belum memiliki KTP elektronik. Saat kegiatan Paten maupun undangan perekaman ke kecamatan dirinya belum mendapatkan undangan, namun kebetulan sedang ada perekaman di kantor desa, dia bergegas menyiapkan syarat agar bisa memiliki KTP el.  Walaupun baru diberi Surat keterangan (Suket), asalkan bisa untuk keperluan nanti saat keluar SMA bisa melamar pekerjaan. "Saya buat KTP el buat persiapan nanti melamar kerja, kan satu semester lagi juga lulus," katanya.
Sekretaris Desa Pulokalapa Anom Suara, terkait itu mengatakan data yang belum melakukan perekaman KTP el tingkat Kecamatan ada sekitar 1.800 orang, dimana 250 diantaranya dari Desa Pulokalapa. Rabu pagi (21/12) perekaman KTP el secara offline menyasar kantor desanya. Alhasil warga sangat antusias datang, apalagi akses dari rumah ke kantor desa tidak sejauh ke kecamatan.
Cukup repot memang sebut Anom, melayani langsung ratusan orang yang sebelumnya belum terekam. Apalagi yang datang itu kadang-kadang keliru, seperti KTP el hilang ingin difoto lagi padahal tidak perlu, ada juga yang memegang Surat Keterangan langsung meminta fisik KTP el dan kesalah fahamam lainnya. Namun, itu terbayarkan dengan antusiasnya masyarakat yang datang dengan proses offline di kantor desa. "Data sekecamatan itu ada 1.800 orang dan 250 diantaranya warga Pulokalapa yang belum terekam," katanya.
Lebih jauh Anom menambahkan, momentum libur bagi anak sekolah juga menguntungkan, sebab remaja usia pelajar kelahiran tahun 2010 sudah bisa langsung direkam dan antusias. Itu terbukti,  dimana mayoritas yang direkam itu lebih banyak anak-anak usia sekolah, sehingga peluang pendaftaran KTP el di desa ini sangat potensial,  apalagi percepatan ini juga untuk menopang Daftar Pemilih Tetap (DPT)  Pemilihan Gubernur (Pilgub) nanti.
Jikapun tidak memilikk ktp el,  setidaknya Surat Keterangan (Suket), bisa untuk keperluan para pelajar melamar kerja,  proses di bank dan pencoblosan nanti. " Momen juga sih, sudah tempatnya di kantor Desa,  para remaja usia sekolah juga banyak perekaman KTP el karena sekolah sedang libut," ujarnya.
Ia berharap,  progran percepatan perekaman KTP el tidak hanya dilakukan dibulan Desember,  tetapi juga setiap bilan diharapkan ada gelaran sambang Desa,  agar masyarakat yang belum terekam bisa langsung cepat mendaftar dengan akses lebih dekat. "Kita harap percepatan perekaman ini tidak terhenti di Desember saja,  tapi setiap bulan juga lebih bagus," pungkasnya.
Sebelumnya Kabid Kependudukan Disdukcapil Lilis Jayasutiana mengatakan Disdukcapil masih terus berusaha melakukan percepatan perekaman KTP el dengan menerapkan sistem seperti halnya kegiatan Paten ditiap-tiap kecamatan. Lilis sendiri tidak menyangkal masih ada warga penerima undangan yang belum melakukan perekaman. Padahal, tegas dia bagi warga yang sudah mendapatkan surat edaran dari dinas harus segera melaksanakan perekaman.
Apalagi, terang Lilis syarat yang utama bisa menggunakan hak suara saat pemilihan umum adalah memiliki data perekaman, salah satunya surat keterangan (suket) sebagai pengganti KTP El. Untuk itu dia berharap desa terus mendorong agar masyarakatnya mau melaksanakan perekaman. Sehingga target sebelum digelarnya pemilihan umum kepala daerah sudah tidak adalagi yang belum perekaman bisa tercapai. (rud)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template