RSUD Semangati 15 Pokja - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » RSUD Semangati 15 Pokja

RSUD Semangati 15 Pokja

Written By Angga Praditya on Kamis, 07 Desember 2017 | 19.30.00

TELUKJAMBE, RAKA - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Karawang siap-siap untuk dilakukan reakreditasi pada Desember ini setelah tahun sebelumnya mendapatkan akreditasi paripurna dari Komisi Akreditasi Rumah Sakit (KARS). Untuk itu RSUD melakukan sejumlah kegiatan guna menumbuhkan kembali semangat akreditasi.
Tim Program Kerja (Pokja) RSUD Karawang, misalnya, salah satu Pokja yang disemangati dari total 15 Pokja yang sebagian sudah melakukan resosialisasi. Sejumlah Pokja memanfaatkan waktu setelah apel pagi untuk meresosialisasi Pokja mereka. Diawali Pokja Pencegahan dan Pengendalian Infeksi (PPI) yang melakukan demo cara Hand Hygiene yang benar. Pokja PPI juga mensosialisasikan kembali five moment atau 5 waktu melakukan Hand Hygiene. Hari berikutnya disusul dengan POKJA Pendidikan Pasien dan Keluarga (PPK), Sasaran Keselamatan Pasien (SKP), Manajemen dan Penggunaan Obat (MPO), Manajemen Fasilitas dan Keselamatan (MFK), serta simulasi oleh tim yang ada di rumah sakit tersebut.
Kepala Hukmas dan Promkes RSUD Karawang H. Ruhimin. SH. MH. menyampaikan dengan resosialisasi ini diharapkan seluruh pegawai RSUD Karawang mengingat kembali serta mengaplikasikan kembali Standar Operasional Prosedur (SPO) sesuai yang telah ditetapkan saat akreditasi. "Sesuai amanah yang tercantum dalam UU Nomor 44 tahun 2009 tentang Rumah Sakit, akreditasi rumas sakit menjadi salah satu kewajiban yang harus dilaksanakan oleh semua Rumah Sakit," tegasnya.
Ruhimin menjelaskan untuk mendapatkan status akreditasi rumah sakit perlu diupayakan pemenuhan tenaga spesialistik di rumah sakit. Tujuan reakreditasi itu pun untuk meningkatkan pelayanan rumah sakit di Indonesia. Dasar hukum pelaksanaan akreditasi di rumah sakit adalah UU No. 36 tahun 2009 tentang kesehatan, UU No. 44 tahun 2009 tentang rumah sakit dan Permenkes 1144/ Menkes/ Per/ VIII/ 2010 tentang organisasi dan tata kerja kementerian kesehatan.
Menurut Ruhimin untuk meningkatkan pelayanan rumah sakit. Dasar hukum pelaksanaan akreditasi di rumah sakit adalah UU No. 36 tahun 2009 tentang kesehatan, UU No. 44 tahun 2009 tentang rumah sakit dan Permenkes 1144/ Menkes/ Per/ VIII/ 2010 tentang organisasi dan tata kerja kementerian kesehatan. Akreditasi mengandung arti suatu pengakuan yang diberikan pemerintah kepada rumah sakit karena telah memenuhi standar yang ditetapkan. Rumah sakit yang telah terakreditasi, mendapat pengakuan dari pemerintah bahwa semua hal yang ada di dalamnya sudah sesuai dengan standar. Sarana dan prasarana yang dimiliki rumah sakit, sudah sesuai standar. Prosedur yang dilakukan kepada pasien juga sudah sesuai dengan standar.
Ia pun membeberkan berdasarkan standar akreditasi versi 2012, terdapat tiga tahapan dalam pelaksanaan akreditasi yaitu akreditasi tingkat dasar, akreditasi tingkat lanjut serta akreditasi tingkat lengkap. Akreditasi tingkat dasar menilai lima kegiatan pelayanan di rumah sakit, yaitu Administrasi dan Manajemen, Pelayanan Medis, Pelayanan Keperawatan, Pelayanan Gawat Darurat dan Rekam Medik. "Akreditasi tingkat lanjut menilai 12 kegiatan pelayanan di rumah sakit, yaitu pelayanan yang diakreditasi tingkat dasar ditambah Farmasi, Radiologi, Kamar Operasi, Pengendalian Infeksi, Pelayanan Resiko Tinggi, Laboratorium serta Keselamatan Kerja, Kebakaran dan Kewaspadaan Bencana (K-3)," ucapnya.
Sementara akreditasi tingkat lengkap menilai 16 kegiatan pelayanan di rumah sakit, yaitu pelayanan yang diakreditasi tingkat lanjut ditambah Pelayanan Intensif, Pelayanan Tranfusi Darah, Pelayanan Rehabilitasi Medik dan Pelayanan Gizi. "Rumah sakit boleh memilih akan melaksanakan akreditasi tingkat dasar (5 pelayanan), tingkat lanjut (12 pelayanan) atau tingkat lengkap (16 pelayanan) tergantung kemampuan, kesiapan dan kebutuhan rumah sakit baik pada saat penilaian pertama kali atau penilaian ulang setelah terakreditasi," ucapnya. (yfn)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template