RSUD Perketat Pelayanan Keamanan - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » RSUD Perketat Pelayanan Keamanan

RSUD Perketat Pelayanan Keamanan

Written By Angga Praditya on Senin, 04 Desember 2017 | 14.45.00

TELUKJAMBE, RAKA - Tidak mudah agaknya membebaskan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Karawang dari asap rokok. Terlebih masih banyak pengunjung rumah sakit yang membandel meski sudah ada himbauan untuk tidak merokok. Bahkan larangan baik dalam bentuk spanduk maupun peringatan langsung dilakukan petugas khusus anti rokok.
satgas anti rokok RSUD Bidan Sri Endah Nurlaeli, ketika disinggul perihal itu mengatakan RSUD sampai saat ini masih gencar melakukan himbauan, diantaranya dengan cara memasang spanduk dan tulisan larangan merokok disetiap sudut lingkungan rumah sakit. Tulisan itu meminta para perokok untuk tidak merokok di area rumah sakit. Bidan Sri Endah Nurlaeli SKP SKM anggota satgas anti rokok RSUD Karawang mengakui sangat sulit mengajak pengunjung RSUD untuk tertib merokok.
Meski sudah berusaha keras melakukan sosialisasi setiap hari, bahkan membuat tulisan dilarang merokok di hampir semua ruangan tapi kenyataan sampai saat ini perilaku bebas merokok di RSUD Karawang masih sulit diberantas. "Memang harus terus digalakan untuk meminta pengunjung RSUD Karawang tidak merokok sembarangan karena sampai saat ini saya masih banyak menemukan perokok yang belum taat aturan," ungkapnya.
Terkait perilaku perokok yang bandel, Bidan Sri mengakui pascalibur lebaran lalu sudah mulai turun ke lapangan langsung untuk meminta prokok yang masih bandel untuk tidak merokok sembarangan dilingkungan RSUD Karawang yang memang harus bebas asap rokok. "Saya sudah mulai turun sejak habis lebaran kemarin dan sampai saat ini masih banyak perokok bandel," tandasnya. 
Sri mengatakan itu bukannya tanpa bukti tetapi puntung-puntung rokok yang ditemukannya di sudut-sudut area membuktikan itu. "Saya selalu dapat banyak bawaan baik puntung rokok ataupun bungkus rokok yang terpaksa diambil dari pemiliknya. Padahal sosialisasi sudah sering dilaklukan kepada pengunjung rumah sakit untuk tidak merokok sembaranggi," jelas Bidan Sri kepada Radar Karawang, seusai berkeliling mencari perokok bandel disekitar RSUD Karawang,
Masih dikatakan Sri untuk meminimalkan aksi merokok di lingkungan rumah sakit rencananya Satgas Anti Rokok RSUD akan meningkatkan sosialisasi tidak merokok kepada pengunjung rumah sakit. Ditambahkan Sri selama ini pihaknya melakukan patroli setiap hari tiga kali keliling dengan target memberikan penjelasan kepada perokok bandel. "Pengunjung RSUD Karawang berasal darimana saja bahkan warga pelosok Karawang. Pengetahuan mereka mengenai bahaya merokok juga masih minim jadi belum memahami kalau asap rokok juga berbahaya bagi yang tidak merokok terlebih bagi perokoknya," ungkapnya.
Terkait tuntutan terhadap pelayanan publik yang bermutu termasuk pelayanan di bidang keamanan, Komandan Regu Satpam RSUD Karawang Heri Heryana mengatakan, konsep keamanan di lingkungan rumah sakit untuk menciptakan dan memelihara keamanan dan kenyamanan. Baik bagi pasien maupun pelaksana pelayanan kesehatan yang meliputi semua aspek. "Konsep keamanan bertujuan untuk mengukuhkan stabilitas kinerja rumah sakit dalam upaya pemeliharan dan pemberian pelayanan yang menyeluruh.Kebutuhan akan rasa aman merupakan kebutuhan mendasar pasien dan pelaksana kesehatan. Kebutuhan tersebut dikategorikan sebagai kebutuhan pokok karena adanya kondisi yang aman dan bebas dari bahaya yang mengancam kelangsungan kinerja, baik pasien dan pelaksana rumah sakit," tandasnya. (ari)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template