RS Tipe C Tahun Depan di Lemahabang - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » RS Tipe C Tahun Depan di Lemahabang

RS Tipe C Tahun Depan di Lemahabang

Written By Admin Raka on Jumat, 08 Desember 2017 | 20.45.00

LEMAHABANG WADAS,  RAKA - Rendahnya layanan di RSUD Karawang dan aksesnya yang jauh mendapat sorotan serius anggota DPRD. Kondisi ini kemudian menjadi alasan perlu adanya Rumah Sakit Tipe C di setiap kecamatan, sehingga pelayanan kesaehatan terhadap masyarakat bisa berlangsung optimal. 
Diakui Sekretaris Komisi B DPRD Karawang  H Unang Sunandang, layanan di RSUD mengecewakan masyarakat terutama untuk masyarakat kurang mampu. Bahkan, dirinya sempat kasar membentak pegawai RSUD karena ada warganya yang dicueki di RSUD. Disisi lain, besarnya jumlah masyarakat miskin dan subsidi kesehatan yang membengkak dari BPJS dan Karawang Sehat, membuat dirinya berupaya keras bersama rekan DPRD lainnya untuk realisasi Rumah Sakit tipe C.
Kalau keinginan, sebut Dewan Partai Amanat Nasional (PAN) ini, setiap Daerah pemilihan berdiri rumah Sakit Tipe C, namun ia sadari keterbatasan anggaran masih belum memungkinkan, karena yang sudah pasti itu baru RS TB Paru di Jatisari dan Rengasdengklok. Namun wilayahnya seperti Cilamaya Kulon, Cilamaya Wetan,  Lemahabang,  Tempuran dan Telagasari,  masih belum ada dan didorong realisasi tahun depan di satu titik. "RSUD ini banyak dikeluhkan, saya sadari itu. Makanya upaya kita minimal akses RS, bisa lebih dekat dan ditunggu realisasinya," katanya di sela-sela Reses di Desa Lemahabang, Kamis (7/12).
Unang menambahkan, belum terwujudnya RS Tipe C ditahun sebelumnya ini akibat adanya pemangkasan anggaran,  namun tahun depan masih di upayakan lagi.  Diharapkan,  keteraediaan lahannya yang konsisten soal harga tanahnya. Karena jujur,  diakui Unang, yang sulit itu adalah soal lahan.  Dirinya bersama rekan anggota DPRD lainnya di dapil IV sepakat agar pengadaan RS Tipe C ini bisa terwujud, karena ada tiga alternatif lokasinya,  yaitu antara Lemahabang dan Telagasari.
Sementara jika ke Cilamaya Wetan, tidak memungkinkan karena akan dominasi lebih dekat warga Subang nantinya, sehingga sebut Unang, Lemahabang dan Telagasari ini dipilih karena letaknya yang strategis antar Kecamatan. Tinggal nanti tenaga medisnya di plot lebih baik, karena di RSUD nanti sifatnya sudah jadi RS rujukan regional dari Subang,  Bekasi,  Purwakarta dan Kota terdekat lainnya, " Kalau di kita sih harapannya terwujud pembangunannya di Lemahabang atau di Telagasari, karena lebih strategi, anggarannya sudah ada, bukan untuk lahan saja,  tetapi sampai pembangunannya," ujarnya.
Kades Lemahabang, Rusli Sunawinata mengungkapkan apresiasinya jika RS Tipe C bisa segera dibangun di Lemahabang. Jika Puskesmas jadi alternatif RS bisa saja, namun lahannya sudah tidak memadai, sehingga perlu ada lahan baru. Dirinya lebih mendukung sebut Rusli, pembangunan RS Tipe C ini di Lemahabang, karena Kecamatan tetangga lebih dekat dan strategis. Seperti Telagasari,  Tempuran,  Cilamaya bahkan Tirtamulya. "Semoga saja,  komitmen pembangunan rumah sakit tipe C bisa terwujud dan bisa beroperasi segera,  tinggal support dan dorongan kuat dari DPRD," ucapnya. (rud)
Berbagi Artikel :
 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template