Rp 2,2 Miliar Anggaran Posyandu - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Rp 2,2 Miliar Anggaran Posyandu

Rp 2,2 Miliar Anggaran Posyandu

Written By Admin Raka on Sabtu, 30 Desember 2017 | 19.00.00

51 Posyandu di Telukjambe Barat Direvitalisasi

TELUKJAMBE BARAT, RAKA - Pemerintah Propinsi Jawa Barat mengalokasikan anggaran sebesar Rp 2,2 miliar untuk revitalisasi posyandu di Kabupaten Karawang selama 2017 ini. Dari angka tersebut sebagian alokasi anggaran terkucur di Kecamatan Telukjambe Barat. Sebanyak 10 kelompok kerja (Pokja) dan 51 Kader Posyantu menerima revitalisasi.
Sekertaris Kecamatan Telukjambe Barat H.Arta, SH, Jumat (29/12) mengatakan itu di ruang kerjanya. Kucuran anggaran itu, jelasnya, untuk mendukung dan mengoptimalkan kinerja pos pelayanan terpadu (Posyandu) yang ad dilingkungan masyarakat. "Kucuran anggaran revitalisasi Posyandu itu merupakan bukti keseriusan dan bentuk dukungan pemerintah provinsi terhadap peningkatan kinerja Posyandu di tiap tiap Pokja," ucap Arta.
Dikatakan Arta, posyandu merupakan garda terdepan di tiap-tiap Rukun Warga (RW) atau dusun yang diharapkan mampu meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) maupun pencapaian target Millennium Development Goals (MDGs)," jelas Arta. Dirinya menerangkan sekitar 10 Pokja dan 51 Kader Posyandu, menddapatkan anggaran tersebut dengan teknis menggunakan transfer melalui bank Jabar.
Setiap Pokja, terang Arta, mendapatkan anggaran sebesar Rp 1.750.000 per Pokja, dan masing-masing per kader mendapatkan anggaran satu juta rupiah per orang. "Posyandu sangat bermanfaat bagi masyarakat dan bukan lagi sekedar wahana untuk penimbangan bayi dan memantau pertumbuhan anak. Namun sudah berkembang pada wahana dasar sosial yang sudah terintegrasi meliputi aspek ekonomi, pendidikan dan yang menyangkut hukum serta ideologi," tandas Arta.
Kepala Seksi Kesejahteraan dan Sosial Kecamatan Telukjambe Barat H. Ubaidillah Ghani SIP menjelaskan, secara kuantitas jumlah posyandu di Kabupaten Karawang ada sebanyak 2.228 posyandu dengan jumlah kader posyandu kurang lebih 11.140 orang. Itu berarti rata-rata kader per posyandu hanya lima orang saja.
Hal ini menunjukkan bahwa kinerja posyandu dirasakan belum optimal dan harus menjadi tanggungjawab kita bersama terutama dalam memberikan pembinaan agar pengetahuan dan keterampilan para kader bisa lebih meningkat, beruntungnya Kecamatan Telukjambe barat memiliki 10 kader Posyandu. “Untuk kecamatan dan desa, alokasi penggunaannya untuk biaya operasional pembekalan kader, sedangkan untuk posyandu diberikan untuk pemberian makanan tambahan,” pungkasnya. (yfn)
Berbagi Artikel :
 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template